Trik Menjodohkan Burung Kenari Cepat Kawin

Posted on

Trik Menjodohkan Burung Kenari Cepat Kawin

Trik Menjodohkan Burung Kenari Cepat Kawin –Belakangan ini banyak pembudidaya burung kenari dikarenakan burung kenari merupakan termasuk dalam burung cantik yang banyak menarik perhatian para pecinta burung. Bagi para pembudidaya pemula hal tersebut gampang-gampang susah.Berikut ini Trik Menjodohkan Burung Kenari Cepat Kawin. Proses perjodohan adalah langkah kedua seorang peternak kenari untuk memulai budidaya kenari, awal sekali seorang peternak harus ttau perbedaan kelamin antara kelamin kenari jantan dan betina, jika sudah melalui proses itu barulah breeder kenari bparaisa masuk ke fase penjodohan. Masalah yang fatal saat kita keliru dalam proses penjodohan adalah kita memilih penjantan yang terlalu bringas jadi saat tidak terjadi proses perkawinan pejantan mungkin saja bisa membunuh sang betina.

Setelah beberapa hal diatas kita telah baca maka sekarang saatnya kita masuk ke proses penjodohan, apa saja yang penting untuk kita amati sebelum menjodohkan kenari, mari kita simak bersama-sama.

Trik Menjodohkan Burung Kenari Cepat Kawin

Ciri – Ciri kenari siap untuk dijodohkan

1. Pastikan bahwa umur kenari harus pada masa produktif yaitu minimal umur di atas 6 bulan dimana kenari pada umur itu sudah siap untuk dikawinkan.

2. Alamiah jika pejantan akan melakukan segala macam cara untuk merayu betina, itulah yang dilakukan kenari. Kenari jantan akan terlihat lebih gacor dari sebelumnya ketika birahinya meningkat, mereka akan berusaha mengeluarkan suara yang keras dan bervariasi untuk mendapatkan hati betina. Jadi jika anda melihat ciri ini mungkin ini pertanda kenari jantan dirumah anda siap utuk dikawinakan.

3. Cara mudah untuk melihat kenari betina yang siap dijodohkan dapat kita lihat dari duburnya, jika dubur kenari betina sudah menonjol memerah dan memiliki sedikit bulu di area anusnya maka kenari betina ini siap dikawinkan. Saat siap kawin kenari betina juga sering melakukan tingkah mengepakan sayapnya sambil cuit cuit atau mengambil dan merapihkan bahan sarang.

Setelah tau beberapa ciri-ciri umum kenari yang siap dijodohkan mari kita lakukan hal berikut ini

Proses menjodohkan kenari

1. Mendekatkan kandang dengan terpisah

Caranya adalah gantangkan mereka berdekatan amati respon dari kedua kenari apakah tingkah mereka seperti apa yang telah kita lihat diatas, biarkan meraka saling mengenal dahulu hal ini dapat dilakukan selama 3 hari.

2. Jika terlihat berjodoh masukan kedua kenari tersebut dalam satu kandang

Amati terus menerus sampai mereka mau kawin, jika birahi mereka memuncak tidak lama mereka akan lansung kawin.

3. Terakhir proses pembuahan yang ideal jika kualitas sperma yang dimiliki si jantan baik

Makanya proses perkawinan dapat dilakukan hanya 2 jam dalam sehari dan ulangi sampai hari ke 4. Sobat dapat mengambil jantan saat 2 jam perkawinan dan memindahkannya ke kandang terpisah kembali untuk di ulangi keesokan harinya.

Jika menginginkan kenari lebih cepat melakukan proses perkawinan, hadirkan lah pejantan lain pada kandang yang cukup jauh karena sebagai burung teritorial, kenari jantan akan menjaga kenari betina dari sang penjantan lain dan buru-buru mengawininya.