Tips Perawatan Anakan Lovebird Ala Kusumo

Posted on

Tips Perawatan Anakan Lovebird Ala KusumoTips Perawatan Anakan Lovebird Ala Kusumo – Burung lovebird kusumo memang salah satu lovebird fenomenal beberapa tahun belakangan ini. Memang performa burung lovebird kusumo bisa dibilang stabil, dilihat dari awal debutnya lovebird kusumo langsung menjadi sorotan hal ini dikarenakan perawatan anakan lovebird untuk lomba telah di persiapkan sejak dini, walaupun belakang ini entah performanya yang menurun atau pesaing lovebird kusumo mulai banyak, lovebird kusumo sering menempati posisi runner-up atau juara 2 kalah oleh beberapa pesaing kuatnya contoh kompetitor terberatnya seperti lovebird jalal yang dimiliki oleh om ade dan yehezkiel dari KKLB bandung. Mungkin sudah sulit dihitung berapa penghargaan yang telah diterima lovebird ini dalam satu turnamen saja sudah biasa burung lovebird kusumo memborong penghargaan 5 atau 6 kali juara.

Dikutib dari beberapa sumber memang sejarah lovebird kusumo memiliki banyak rahasia mulai dari pemilihan awal saat memilihnya untuk di pelihara sampai ke perawatanya yang unik dan menjadi sorotan sekarang ini. Berikut ini perawatan sehari-hari ala lovebird kusumo.

Tips Perawatan Anakan Lovebird Ala Kusumo

1. Gantung sangkar didalam rumah.

Problem dari lovebird kusumo dulu adalah tidak maen bagus jika event yang diselengarakan dilakukan di malam hari atau di indoor, oleh karena itu pemilik berupaya beradaptasi dengan kondisi itu dengan membiasakan lovebird kusumo aktif didalam rumahnya dengan hanya dibantu oleh pencahayaan lampu rumah.

2. Pakan.

Setelan pakan lovebird kusumo terbilang sederhana, seperti yang telah kami pantau dari beberapa wawancara lovebird kusumo hanya diberi pakan milet dan jagung muda saja, tidak tau apa hanya itu atau ada pakan lain yang sengaja tidak di beritahukan ke publik.

3. Pengembunan.

Lovebird kusumo selalu di keluarkan dari dalam rumah saat pukul 05.30 pagi sampai matahari muncul lalu disemprot sedikit saja. Lalu, lovebird kusumo diletakan dibawah teras tidak digantung.

4. Karakter

Awal dibeli lovebird kusumo memiliki karakter yang liar, dia akan ngelabrak-labrak sangkar dan berputar-putar dibawah sangkar persis seperti sedang ngeruji butuh waktu yang diperlukan untuk membuat lovebird kusumo tenang. Tetapi karakter inilah yang membuat awal om sigit terpesona untuk membeli lovebird kusumo.

5. Ritual mandi.

Metode memandikan burung lovebird bisa dibilang sangat unik beberapa contoh misalnya om sigit mengajarkan lovebird kusumo untuk mandi sendiri di keramba, jadi tidak disemprot dengan spryer seperti kebanyakan cara umum pencinta lovebird dalam memandikan lovebird. Selanjutnya lovebird kusumo memiliki tradisi mandi malam dan mandi hujan, hal ini diyakini untuk membuat mental lebih bagus dan memiliki suara dengan volume yang lantang dan keras.

Perawatan Anakan Lovebird Ala Kusumo – Sekian tulisan mengenai tips perawatan anakan lovebird ala kusumo berdasarkan dari sumber-sumber tertentu dan terpercaya. semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi para pecinta burung kicau terutama burung lovebird dimanapun berada.