Tips Pemberian Makan Burung Lovebird Dengan Menggunakan Sendok

Posted on

Tips Pemberian Makan Burung Lovebird Dengan Menggunakan Sendok

Tips Pemberian Makan Burung Lovebird Dengan Menggunakan SendokTips Pemberian Makan Burung Lovebird Dengan Menggunakan Sendok. Ada beberapa metode handfeeding yaitu proses meloloh anakan burung lovebird yang dilakukan oleh penangkar atau tenaga kerja yang ada di penangkaran burung. Kecenderungan sebagian penangkar saat ini adalah menggunakan metode ini. Dengan menerapkan metode tersebut, penangkar bisa memperoleh sekitar 18-24 ekor anakan dari seekor induk betina produktif dalam setahun. Metode handfeeding juga memungkinkan pemeliharaan anakan lovebird sistem koloni, misalnya satu kandang diisi 6-10 ekor, dengan umur yang sepadan meski berasal dari induk yang berbeda.

Setiap metode pasti ada kelebihan dan kelemahannya masing-masing .Kelemahan metode ini, karena semua proses pengasuhan sudah tidak melibatkan induk, berarti breeder atau tenaga kerja yang dipercayainya harus benar-benar konsentrasi mengasuh dan membesarkan anakan lovebird sampai layak jual. Diperlukan waktu khusus untuk menjalankan tugas berat tersebut.

Tips Pemberian Makan Burung Lovebird Dengan Menggunakan Sendok

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam metode handfeeding ini, yaitu:

1. Handfeeding menggunakan sendok.

2. Handfeeding menggunakan spet dengan karet angin.

3. Handfeeding menggunakan spet tanpa karet angin.

Anakan lovebird bisa menjalani metode handfeeding pada umur 7 hari. Tetapi cara ini dianjurkan untuk breeder yang sudah berpengalaman. Jika masih pemula, sebaiknya melakukan metode ini saat anakan berumur 14 hari (2 minggu). Saluran pencernaan anakan lovebird umur 7 hari terlalu kecil dan lembut, sehingga tidak mudah untuk melolohnya jika belum terbiasa.

Adapun perlengkapan serta penunjang yang harus di persiapkan dalam metode ini ialah :

1. Kotak Inkubator

Kotak incubator menjadi syarat utama dalam metode ini karena sebagai tempat pemeliharan anakan lovebird. Inkubator bisa dibuat dari bahan apa saja, yang penting tidak ada bagian tajam, tidak berbau tajam, ada bagian yang bisa menyerap air (atau di dalam inkubator bisa diberi arang atau silica gel). Anda bisa memelihara 1-3 ekor anakan dari induk yang sama, atau lebih dari 3 ekor anakan dari beberapa induk (umur saat menetas diusahakan tidak terpaut jauh, jangan lebih dari 1 minggu).
Kotak inkubator dilengkapi dengan lampu pijar 5 watt yang berfungsi sebagai penghangat, atau pengganti suhu tubuh induknya. Adapun kelembaban inkubator diusahakan sekitar 60-70%. Inkubator diletakkan agak jauh dari induknya.

2. Spet atau Sendok

Alat ini dinilai sangat tepat apabila di gunakan sebagai media penghantar makanan ke paruh anakan lovebird dengan sempurna.

3. Bahan makanan

Pilihan bahan makanan untuk anakan burung lovebird yang hendak disapih bersifat variatif, tergantung dari ketersediaan bahan makanan, kandungan gizi, dan pengalaman para penangkar. Makanan yang biasa digunakan pada umur 1-2 minggu adalah bubur susu bayi. Campurkan bubur susu dengan air matang hangat-hangat kuku, sehingga terbentuk cairan yang agak encer. Setelah berumur 3-4 minggu, cairan bisa dibuat sedikit lebih kental. Pada umur 3-4 minggu, Anda juga bisa menambahkan bakan makanan lain seperti kangkung dan jagung yang diblender dan dicampurkan dengan bubur susu bayi. Pada umur 4 minggu, bisa ditambahkan pula sayuran, buah-buahan dan millet.

4. Suhu Makanan

Perhatikan juga suhu makanan usahakan berkisar antara 38 – 40 oC. Jika terlalu panas, anakan lovebird cenderung malas menerima makanan. Bahkan, dalam beberapa kasus, tembolok anakan seperti “terbakar” karena dinding tembolok yang masih sangat halus. Makanan yang terlalu dingin juga membuat selera makan burung berkurang, bahkan enggan mengkonsumsinya (pada handfeeding menggunakan sendok).

5. Frekuensi Pemberian

Jika handfeeding dilaksanakaan saat anakan lovebird berumur 1 minggu, pemberian makanan bisa dilakukan setiap dua jam sekali, dalam rentang waktu pukul 06.00 – 20.00 atau 07.00 – 21.00. Jika usianya sudah mencapai 2 minggu, frekuensi pemberian makanan bisa dikurangi menjadi 3 jam sekali. Demikian seterusnya, sehingga pada umur 4 minggu, pemberian makanan bisa dilakukan setiap 5 jam sekali.
Patokan utama dalam memberikan makanan adalah meraba kondisi temboloknya. Jika tembolok terasa kosong, itulah saatnya memberi makanan. Di sinilah diperlukan ketelatenan, termasuk memeriksa kondisi tembolok anakan lovebird yang diasuhnya.

Tips Pemberian Makan Burung Lovebird Dengan Menggunakan Sendok

Tips Pemberian Makan Burung Lovebird Dengan Menggunakan Sendok. Perawatan yang benar akan menghasilkan burung lovebird yang berkualitas.Saya rasa cukup sampai disini dulu lain kali kami akan share lagi artikel lainnya.semoga bermanfaat dan berhasil.salam sukses.