Tips Merawat Burung Kenari Muda Agar Ngeroll

Posted on

Tips Merawat Burung Kenari Muda Agar Ngeroll

Tips Merawat Burung Kenari Muda Agar NgerollTips Merawat Burung Kenari Muda Agar Ngeroll. Kondisi kenari yg bunyinya sering putus-putus dan berhenti di tengah ini umum terjadi pada kenari muda yg masih belajar bunyi. Untuk memancing agar burung kenari mudah tsb rajin bunyi dan ngeroll, ada beberapa langkah yg harus coba pada kenari2x kesayangan diantaranya:

Tips Merawat Burung Kenari Muda Agar Ngeroll

1. Digandeng dengan kenari yg sudah jadi (yg sudah gacor) atau bisa juga dengan disetelkan kaset kenari suara bagus, seperti yg banyak dipasaran.

2. Pada saat digandeng dgn kenari yg sudah jadi, kedua kenari tsb jangan langsung diketemukan (didekatkan) dan saling diperlihatkan, cukup didengar suaranya saja. setelah beberapa hari, barulah boleh saling diperlihatkan tapi dengan jarak yg agak jauh (2-3 meter). ini pun jangan dilakukan setiap hari, cukup sesekali saja dalam seminggu (2 kali seminggu sudah cukup).

3. Yg terpenting adalah perawatan. sebaiknya kenari tsb cukup jemur, kalau saya sih jemur dari pagi jam 7 s/d 11 … dan saat dijemur beri makanan sedikit saja dan air minum sedikit sekali..jangan lupa dimandikan (siapkan tempat minum yg agak besar untuk mandi)..setelah kenarinya mandi, air tsb dibuang… penjemuran kalau perlu di dalam sangkar umabaran (sangkar besar, panjang).

4. Setelah kenari tsb dijemur cukup, pindahkan ke tempat yg teduh dan terhindar dari sinar matahari…tunggu sampai tenang dan napasnya tidak ngap-ngapan lagi. setelah itu kasih apel merah secukupnya, biarkan dia makan, dan beberapa menit kemudian barulah diberikan air minum (air matang, kalau perlu beri sedikit vitamin kenari seperti vitasol,super kicau, dsb)

5. Jangan lupa berikan EF berupa kroto seminggu 3-4 kali dan ganti sayur/telur secara selang seling setiap hari

6. Terakhir, baru kenari tsb dikerodong atau kalau mau didengarkan kicauan nya dulu juga boleh, dan biasanya setelah dijemur kenari akan berkicau setelah siang baru dikerodong supaya istirahat keesokan hari, paginya kenari tsb kembali menjalani rutinitas seperti di atas