Tips Meracik Setelan Pakan Burung Lovebird Sebelum Kontes

Posted on

Tips Meracik Setelan Pakan Burung Lovebird Sebelum Kontes

Tips Meracik Setelan Pakan Burung Lovebird Sebelum KontesTips Meracik Setelan Pakan Burung Lovebird Sebelum Kontes. Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang masih banyak digemari, selain untuk dipelihara lovebird juga biasanya digunakan untuk menjajak lapangan kontes, tentu ada perbedaan antara merawat lovebird untuk kontes dengan hanya untuk koleksi pribadi dan hanya di gantungkan di rumah saja. Akan tetapi semakin hari antusias pecinta burung lovebird yang ikut serta turun dilapangan semakin banyak baik dari pemain lama yang sudah sering terjun hingga pemain baru yang mencoba peruntungannya dengan menyalurkan hobi ikut serta meramaikan lapangan kontes.
Penilaian lovebird dilapangan kontes biasanya dipengaruhi oleh variasi lagu yang dikeluarkan, panjangnya suara ngekek, volume dari lovebird dan juga frekuensi yang sering. Tapi lovebird yang hanya ngekhek sekali tapi panjang biasanya kalah dengan lovebird yang ngekeknya tidak terlalu panjang tapi rajin bunyi, gacor dan tiap bunyi rata-rata mengeluarkan bunyi yang stabil dengan durasi tiga puluh detik. Untuk mendapatkan lovebird yang demikian tidak gampang dan tidak mudah.ada beberapa tips yang harus dilakukan agar lovebird kita jadi juara.

Tips Meracik Setelan Pakan Burung Lovebird Sebelum Kontes

Berikut ini tips pemberian pakan sebelum kontes :

1. Pertama yang harus kita lakukan adalah memilih serangkaian prodak pakan, vitamin hingga penggacor burung dan juga untuk kenyamanan kebersihan pakan. Terkadang memang membuat bingung apalagi untuk pemula biasanya cenderung mencoba beberapa prodak terlebih dahulu sebelum benar-benar menjatuhkan hati kepada prodak yang tepat. Memberikan biji-bijian untuk lovebird dan untuk vitamin harian biasanya menggunakan Ebod Vit yang diteteskan pagi dua tetes ke air minumnya dan sore saat mengganti air minum juga diberikan juga dua tetes.

2. Meski banyak lovebird yang dari usia muda sudah digantang dilapangan kontes dengan tujuan untuk memupuk mental agar tidak kaget saat digantang tapi biasanya lovebird baru benar-benar mengeluarkan jiwa lombanya saat usia lima hingga enam bulan. Meski sudah siap tetap saja memerlukan beberapa penyesualian misalnya mulai H-3 sebelum lomba bisa diberi pakan biji-bijian tapi air minumnya diganti bukan dicampur Ebod Vit tapi dicampukan Ebod Joss yang berfungsi untuk menggancorkan burung. Selain menambahkan Ebod Joss tiga atau dua hari sebelum lomba Ronggolawers juga bisa memberikan kangkung segar, jagung muda atau biji bunga matahari untuk stamina lovebird.

3. Hari H menuju lomba ini yang paling penting, pagi hari mandikan dulu lovebird hingga basah kuyup

4. Kemudian lakukan penjemuran dari jam tujuh pagi hingga jam Sembilan pagi dan jangan lupa setelah itu angin-anginkan terlebih dahulu, sambil diangin-anginkan putarkan dulu kaset masteran untuk lovebird agar menstimulasi lovebird kita bisa koncer dilapangan. Cara ini bisa digunakan sesaat sebelum lomba.

Tips Meracik Setelan Pakan Burung Lovebird Sebelum Kontes

Tips Meracik Setelan Pakan Burung Lovebird Sebelum Kontes. Orang awam yang baru mencoba peruntungan didunia kontes burung biasanya pusing dengan cara merawat lovebird, bahkan cenderung merasa repot hingga males untuk melakukan rutinitas merawat burung lovebird, tapi jika dibiasakan maka kegiatan merawat burung akan menajdi menyenangkan apalagi jika burung kita sudah menjadi juara tentu saja akan menjadi ketagihan karena factor rasa bangga yang diberikan lovebird kesayangan kita kepada kita sebagai tanda balas jasa. Jadi jangan cepat menyerah dalam merawat burung, semua butuh proses dan juga kesabaran.