Tips Menjaga Nafas Burung Lovebird Stabil Saat Lomba

Posted on

Tips Menjaga Nafas Burung Lovebird Stabil Saat Lomba

Tips Menjaga Nafas Burung Lovebird Stabil Saat Lomba – Dalam berbagai macam kontes burung kicauan pasti membuka kelas burung lovebird, bahkan diposisikan di kelas paling bergengsi bersama murai batu dan kacer. Karena kemampuan lovebird dalam mengolah vokal dan nafas lovebird tetap stabil saat lomba hingga menarik perhatian juri inilah yang membuat banyak penggemar burung lovebird ini berlomba-lomba melatih gacoannya agar bisa memiliki kicauannya yang lebih bervariasi, dengan irama vokal yang panjang, serta didukung kekuatan dan intonasi suaranya.Hal Tersebut tidak lepas dari stamina lovebird saat tampil dalam lomba terutama menjaga nafas burung lovebird stabil saat lomba.Untuk mendapatkan hal tersebut berikut ini tips menjaga nafas burung lovebird stabil saat lomba.

Tips Menjaga Nafas Burung Lovebird Stabil Saat Lomba yang bisa dilakukan.

Kekuatan nafas sangat berkaitan dengan latihan penguatan otot-otot dadanya, agar tarikan burung lebih tahan lama dan tidak mudah lelah. Pelatihan nafas bisa dilakukan dalam berbagai cara. Berikut ini beberapa cara yang paling popular dalam mengoptimalkan kekuatan nafas :

1. Perpanjang waktu penjemuran

Burung dijemur dengan porsi penjemuran yang lebih lama daripada biasanya. Yang patut dicatat di sini adalah waktu menjemur diusahakan tidak melebihi pukul 10.00.

2. Terapi mandi basah kuyup

Penggemar lovebird yang berpengalaman di arena lomba pernah memberikan bocoran lain dalam rangka mendongkrak kekuatan nafas burung. Berikan terapi mandi burung lovebird hingga basah kuyup bagi lovebird ! Caranya? Burung disemprot menggunakan hand sprayer, yang diatur pada semprotan halus.

3. Melatih burung dalam kandang umbaran

Fungsi kandang umbaran untuk lovebird adalah melatih nafas dan tarikan nafasnya agar lebih panjang. Gerakan atau aktivitas lovebird selama diumbar secara langsung bisa membakar lemak yang tertimbun dalam tubuhnya, termasuk timbunan lemak yang menekan kantung udara dan kerap membuat tarikan nafas burung menjadi pendek dan mudah lelah. Itulah sebabnya, mengapa burung lovebird yang kegemukan sering terlihat jarang bersuara panjang dan sering malas-malasan.
Selama dalam masa pengumbaran, burung perlu diberikan multivitamin sebagai penunjang aktivitasnya. Multivitamin (misalnya BirdVit) bisa dilarutkan dalam air minum yang diletakan dalam kandang umbaran.