Tips Mengontrol Birahi Lovebird Dengan Terapi Mandi Malam

Posted on

Tips Mengontrol Birahi Lovebird Dengan Terapi Mandi Malam

Tips Mengontrol Birahi Lovebird Dengan Terapi Mandi MalamTips Mengontrol Birahi Lovebird Dengan Terapi Mandi Malam. Kadang kita kesulitan dalam mengontrol birahi burung lovebird karena tiap burung berbeda karakter dan sifatnya apalagi saat menjelang kontes kita harus benar-benar extra merawat dan menjaga birahi lovebird agar gacor dan fit saat dilapangan. Sebelum ke pokok bahasan berikut ini sedikit ulasan dari inti pembahasan yang akan saya bagikan.

Kalau orang tua jaman dulu khususnya keturunan jawa suka melarang anak-anaknya mandi kalau hari sudah mulai gelap dengan kata lain surup, karena menurut mitos seseorang yang sering mandi di malam hari bisa memicu terjangkitnya penyakit Rheumatik. Kalau secara medis anggapan tersebut memang belum bisa dibuktikan, akan tetapi secara logika kebiasaan mandi malam dapat menyebabkan mengecilnya atau menyempitnya pori–pori dalam kulit yang bisa memicu peradangan pada persendian. Hal ini dikarenakan air mandi yang kita gunakan terasa dingin ketika menyentuh kulit, sehingga mengakibatkan perubahan hormon dan gangguan Autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan justru keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan burung, manfaat yang di dapat ketika kita rajin melakukan terapi mandi malam pada burung ialah burung menjadi lebih gacor karena kondisi birahinya lebih terkontrol. Sehingga ketika mau dikonteskan burung selalu On Fire, tanpa khawatir menjadi mlempem, terapi mandi malam dilakukan hanya untuk burung yang dalam keadaan sehat pada saat dipersiapkan untuk lomba, biasanya pada H–3 sebelum lomba.

Tips Mengontrol Birahi Lovebird Dengan Terapi Mandi Malam

Berikut ini cara melakukan terapi mandi malam untuk mengontrol birhi lovebird:

1. Mandi Malam

Mandikan burung lovebird pada malam hari antara pukul 21.00–23. 00 menggunakan cepuk atau keramba maupun dengan semprotan halus atau salju selama 15 menit atau bahkan lebih yang terpenting seluruh badannya bisa basah secara menyeluruh,gunakan shampo jati jajar waktu menyemprotkan hingga basah menyeluruh selama 10 menit selain berguna untuk merapikan dan membuat halus pada bulu juga bisa membasmi kutu maupun kuman yang berpotensi mengancam kesehatan burung–burung kesayang kita. Setelah dimandikan burung segera diangin–anginkan di bawah sorot lampu yang bisa digunakan sebagai penghangat untuk tubuh burung, setelah dirasa kering semua bulu–bulunya kemudian masukan burung ke dalam kamar penyimpan tanpa di krodong / sesuaikan dengan kebiasaan masing–masing sampai keesokan harinya.Untuk lebih jelasnya buka disini

Pada pagi hari sebaiknya burung dikeluarkan dari dalam ruangan untuk diembunkan karena  udara pada saat Fajar masih bersih dan bebas polusi sehingga sangat baik untuk pernapasannya. Siang harinya lakukan penjemuran ekstra antara pukul 09.00–14.00 terhadap burung yang sering melakukan terapi mandi malam, hal ini dimaksud untuk mengimbangi / memberikan efek hangat yang lebih karena malamnya kedinganan akibat pengaruh mandi malam.

2. Pemberian Extra Fooding

Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi burung agar tetap sehat dan fit,cukup campurkan multivitamin sebanyak 5 tetes pada air minum burung dan di setiap hari diganti dengan yang baru untuk menjaga kualitasnya.Dalam beberapa pekan dapat dilihat hasilnya pada saat di lapangan dengan penampilan yang selalu konsisten.

Tips Mengontrol Birahi Lovebird Dengan Terapi Mandi Malam

Tips Mengontrol Birahi Lovebird Dengan Terapi Mandi MalamSemoga tips yang telah saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi lovebird lovers dimanapun berada dan komunitas burung kicau semakin meluas supaya bisa berguna bagi anak keturunan kita kelak.aamiin….