Tips Memulihkan Fisik Burung Lovebird Setelah Lomba

Posted on

Tips Memulihkan Fisik Burung Lovebird Setelah LombaTips Memulihkan Fisik Burung Lovebird Setelah Lomba – Kondisi lovebird yang habis lomba memerlukan perhatian dalam masa memulihkan fisik burung lovebird setelah lomba. Selain sakit mental burung anda juga bisa saja mengalami drop. Walau bagaimanapun berkicau dan bergaya merupakan kegiatan yang memerlukan energy yang tidak sedikit, apalagi ketika burung anda tidak hanya diterbitkan hanya sekali saja tapi juga berkali-kali dalam satu hari pastinya akan menguras banyak energy burung anda. Untuk itu anda perlu sekali memulihkan fisik burung lovebird setelah lomba anda tentunya dengan cara yang baik dan benar. Jika anda salah dalam memulihkan kondisi burung anda maka akibatnya akan sangat fatal bukannya sembuh malah akan menambah drop. Seperti kegiatan yang mudah tapi percayalah bahwa memulihkan kondisi burung yang drop dan juga sakit bukan perkara yang mudah.

Mengembalikan stamina burung yang setelah lomba sangat sulit jika kita tidak tahu bagaiman caranya dan apa yang diinginkan oleh burung anda. Oleh sebab itu jika burung anda terlihat sakit setelah lomba maka segera berikan penanganan yang dasar dan cepat, berikan makanan yang bernutrisi yang bisa dengan cepat mengembalikan stamina burung anda. Tapi jika sakit berlanjut anda bisa membawa burung anda ke dokter hewan dan sebelum anda memutuskan membawa ke dokter hewan anda terlebih dahulu bisa mencoba tips berikut ini :

Memulihkan Fisik Burung Lovebird Setelah Lomba

  1. Saat pulang dari lapangan maka diusahakan jangan dimandikan dahulu, meski masih siang tetap saja jangan dimandikan.
  2. Biarkan burung anda digantung dulu dan beristirahat karena bisa saja burung anda mabuk perjalanan. Sambil beristirahat berikan makanan favoritenya, jika lovebird anda suka buah-buahan maka berikan buah-buahan, jika suka sayuran maka berikan sayuran segar.
  3. Setelah beristirahat dan diberikan makanan ciptakan rasa nyaman untuk burung anda, gantung ditempat yang sejuk dan tidak bising yang jauh dari lalu-lalang orang. Kemudian berikan udara yang segar bisa dengan membuka krodong atau jika burung anda tidak terbiasa dibuka kerodongnya maka anda bisa sedikit membuka tali kerodongnya saja.
  4. Saat digantang hindari dari suara burung jenis lainnya karena bisa membuat lovebird / burung anda birahi dan juga terus-terusan berkicau. Jadi bukannya istirahat malah akan lebih cape karena harus terus berkicau.
  5. Setelah selesai dilombakan hindari memberikan vitamin penggacro karena burung anda akan terus-terusan gacor terutama hindari memberikan vitamin kepada burung yang selesai dilombakan.
  6. Jika saat selesai dilombakan ternyata burung anda tidak bisa diam, gundah gulana maka sebaiknya anda segera mendekatkan dengan betinanya karena dikhawatirkan kangen dengan betinanya. Tapi jangan terlalu lama didekatkan karena bisa saja malah over birahi dan ingin dikawinkan.

Tips Memulihkan Fisik Burung Lovebird Setelah Lomba – Ada beberapa kicau mania yang bilang mendekatkan dengan betina hanya akan merusak mentalnya tapi ada juga yang beranggapan bahwa mendekatkan dengan betina justru terapi melepaskan kegelisaan pada burung, jadi tergantung anggapan anda, anda lebih suka yang mana dan lebih cocok yang mana untuk burung kicauan anda, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel berikutnya