Tips Memilih Anakan Burung Lovebird Kualitas Juara

Posted on

Tips Memilih Anakan Burung Lovebird Kualitas Juara

Tips Memilih Anakan Burung Lovebird Kualitas Juara  – Dalam memilih anakan burung lovebird yang memiliki kualitas juara memang tidaklah mudah. Merintis jawara lomba sejak anakan adalah metode paling menantang dan irit dibandingkan anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli burung lovebird anakan kualitas juara yang sudah gacor, tetapi memang dibutuhkan tingkat kesulitan tersendiri dalam proses itu.

Tantangan pertama adalah pemilihan bahan, ini cukup sulit karena biasanya loveird anakan masih mempunyai karakter sifat yang kurang lebih sama satu dengan yang lain, lovebird warna anakan yang berumur dibawah 3 bulan biasanya dibandrol 200.000 – 300.000 ini bisa kita dapatkan di banyak pedagang burung.

Memang lebih “pasti” mendapatkan benih calon juara dari sang juara, kalo kita membeli anakan dari indukan yang telah terbukti rajin bunyi dan telah mengantongi banyak penghargaan jelas genetik anakanya pun akan seperti indukanya, bagaimana jika kita beli lansung di penangkar atau pedagang? pada seleksi ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tips Memilih Anakan Burung Lovebird Kualitas Juara

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan pemilihan lovebird bakalan:

1. Pemilihan jenis kelamin yang mempunyai prospek

banyaknya penampilan menawan dari lovebird betina ini memastikan bahwa lovebird jantan dan betina bisa diprospek.

2. Pastikan bulu dari kepala sampai ekor jangan terlihat ada yang rusak atau anggota tubuh yang terlihat cacat

ini untuk memastikan burung lovebird kualitas juara yang kita pilih bebas dari penyakit atau kutu. Karena akan membuang waktu jika kita habiskan banyak waktu hanya untuk merawat penyakit atau membersihkan kutu.

3. Pilih lovebird yang sehat

bagaimana caranya? perhatikan lovebird yang aktif dan lincah, terlebih lagi lovebird tersebut mendominasi sangkar ( ini jika memilih anakan lovebird dari ombyokan ) biasanya lovebird yang mendominasi akan galak terhadap yang lain dan sering membalas kicau lovebird lain.

Tips Memilih Anakan Burung Lovebird Kualitas Juara

Perawatan lovebird muda
Lovebird muda juga harus memiliki perawatan khusus:

Mandikan lovebird sampai basah kuyup, ini bisa menggunakan sprayer atau keramba.
Setelah basah kuyup biarkan lovebird sampai sedikit kering dan barulah diangin-anginkan seperti yang dilakukan juga oleh om sigit pemilik lovebird kusumo.
Pakan anakan burung lovebird kualitas juara pun perlu diperhatikan gak boleh kalah dengan seniornya, pemberian pakan millet putih yang mengandung karbohidrat pasti akan hanya membuat lovebird muda kenyang, tetapi untuk meningkatkan birahinya diperlukan variasi pakan lain seperti extra fooding seperti jagung muda, kangkung dan biji lainya. Ya seperti kita sudah tau lovebird mudah untuk meningkat birahinya dan terkadang melebihi apa yang normal, orang banyak bilang kondisi itu sebagai OB atau over birahi.