Tips Meloloh Anakan Lovebird Dengan Suntikan

Posted on

Tips Meloloh Anakan Lovebird Dengan SuntikanTips Meloloh Anakan Lovebird Dengan Suntikan – Hal yang paling menyenangkan bagi seorang peternak apabila telor lovebird menetas sempurna. Sebetulnya indukan burung lovebird akan secara natural melolohkan makanan ke anakannya tetapi pada kasusnya indukan muda yang masih minim pengalaman akan tidak adil memberikan makanannya kesemua anaknya. Untuk menghindari hal itu diperlukan ke sigapan dari kita untuk lansung mengambil anakanya, jika anakan lovebird umur 1-2 minggu dengan badan masih merah belum terlalu banyak bulu mudah untuk kita memberikan makanan secara manual. Alat yang digunakan meloloh anakan lovebird sederhana bisa dengan suntikan yang mempunyai ujung kecil atau dengan selang kecil, ketika lapar anakan lovebird ini akan meringgik meminta makan jadi dengan hanya mendekati suntikan saja anakan lovebird bisa lansung makan. Jika kita pisahkan dengan indukanya ketika umurnya sudah cukup matang 2 minggu – 1 bulan, sulit untuk kita melolohkan makanan karena mereka sudah mengenal induknya sebagai pemberi makan pada saat itu kita perlu sedikit memaksa mereka makan, Umur 1 bulan sebenernya mereka sudah belajar untuk memakan biji-bijian sendiri tetapi perlu bantuan dari kita untuk menjaga staminanya. Berikut ini saya akan memberitahu cara untuk melolohkan makanan kepada anakan lovebird yang biasa saya lakukan.

Cara Tips Meloloh Anakan Lovebird Dengan Suntikan

1. Pertama persiapkan dulu perlengkapan yang digunakan, suntikan, cerelac ( beras merah ) banyak pilihan makanan tetapi saya biasa pake cerelac dan gelas sendok untuk mengaduknya.
2. Aduk cerelac dengan air anget anget kuku secukupnya lalu aduk didalam gelas kecil, kecairan dari cerelac itu tergantung dari tingkat umur anakan lovebird, umur 1-2 minggu berikan makanan yang agak cair dan umur 3 minggu – seterusnya bikin agak padat.
3. Isi penuh suntikan biasanya 1 lovebird bisa menghabiskan sampai 2-3 isi suntikan penuh.
4. Seperti tadi telah dibahas untuk bayi yang masih merah mudah untuk kita meloloh anakan lovebird secara manual tetapi jika umurnya sudah cukup besar perlu ada sedikit desakan dari kita.
5. Bersihkan mulut lovebird yang yang berantakan dimulutnya.