Tips Jitu Merawat Burung Kacer Anti Mbedhesi

Posted on

Tips Jitu Merawat Burung Kacer Anti Mbedhesi

Tips Jitu Merawat Burung Kacer Anti MbedhesiTips Jitu Merawat Burung Kacer Anti Mbedhesi. Burung kacer merupakan burung yang sekarang ini ramai di perlombaan akan tetapi banyak juga burung kacer yang ditengah jalan langsung mbedhesi , ini merupakan salah satu masalah yang sering dialami pecinta kacer. Kacer mbedhesi di sebabkan oleh beberapa hal diantaranya karena salah perawatan dan kekurangan EF atau vitamin serta pola makan yang tidak teratur. Berikut ini tips jitu merawat burung kacer anti mbedhesi :

Tips Jitu Merawat Burung Kacer Anti Mbedhesi

Berikut ini Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Kacer :

1. Penjemuran

Untuk menjaga stamina burung kacer supaya fit di lapangan diperlukan penjemuran secara rutin.Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam per hari mulai pukul 08.00-11.00 itupun secara bertahap misalnya pada minggu pertama dijemur dari jam 08.00-11.00 minggu berikutnya di jemur jam08.00-11.30 dan seterusnya sampai burung kacer tidak buka mulut atau mangap saat di jemur dalam waktu lama. Selama penjemuran sebaiknya burung tidak melihat burung tang sejenis.

2. Memandikan

Burung kacer di mandikan bertujuan untuk menjaga kestabilan birahi serta mengurangi kelelahan dan menurunkan emosi yang berlebihan .Memandikan kacer harus dilakukan secara rutin setiap hari bias dilakukan pada pagi hari maupun malam hari.Mandi malam bermanfaat untuk mengurangi mbedhesi pada burung kacer.Selesai dimandikan jangan lupa membersihkan kandang agar bersih dan terjaga dari virus kuman dan bakteri.Diangin-anginkan sebentar kemudian dikerodong.

3. Makanan dan suplemen

Makanan dan suplemen merupakan hal terpenting untuk kelangsungan makhluk hidup termasuk burung kacer. Adapun makan utama untuk kacer adalah jangkrik karena jangkrik dapat menaikkan kekuatan atau power kacer, cukup 3 sampai 4 jangkrik dalam sehari karena jika berlebihan dapat membuat burung kacer over birahi kecuali pada saat menjelang kontes/lomba bias diberikan jangkrik yang lebih dari biasanya karena pada saat dalam arena lomba/kontes kacer memerlukan energy yang besar. Selain itu juga perlu di berikan buah buahan karena buah sangat bagus buat kacer sebagai suplemen.Biasanya buah yang diberikan antara lain apel bermanfaat untuk menajamkan suara serta menjernihkan kicauannya, papaya bermanfaat menurunkan birahi dan pisang bermanfaat menggemukkan badan.

Tips Jitu Merawat Burung Kacer Anti Mbedhesi

Tips Jitu Merawat Burung Kacer Anti Mbedhesi. Sebagai catatan pada saat penjemuran sebaiknya keluarkan pakan dari dalam sangkar supaya kacer memiliki suara yang tebal. Setelah mulut burung terlihat sering terbuka atau mangap ambil dan angin anginkan hingga mulut kacer tidak mengap atau terbuka lagi, baru kemudian masukkan voer dulu sampai burung memakannya supaya lender kering dalam tenggorokan kacer ikut terbawa bersama voer. Setelah kurang lebih 15 menit baru masukkan minumnya.
Demikian sharing yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi para pecinta burung kacer dan dapat mencetak burung kacer juara.