Tips Dan Trik Sukses Usaha Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

Posted on

Tips Dan Trik Sukses Usaha Ternak Ayam Kampung Bagi PemulaTips Dan Trik Sukses Usaha Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula – Memanfaatkan peluang usaha kecil-kecilan bagi mereka yang memiliki modal kecil bukan hal aneh lagi bagi penduduk desa. Usaha ternak ayam kampung ini sudah biasa dilakukan oleh penduduk desa secara rumahan dan sampingan dalam skala kecil-kecilan. Dengan Tips Dan Trik Sukses Usaha Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula merupakan teknik yang umum digunakan untuk kepentingan pribadi bukan untuk komersil. Cara beternak ayam kampung masih bersifat sederhana yaitu teknik umbaran atau membiarkan ayam kampung mencari makanan sendiri di alam.

Namun seiring dengan berjalan waktu dan kegiatan beternak ayam kampung menjadi sebuah lahan bisnis menguntungkan saat ini membuat sebagian pelaku usaha menjalankan bisnis beternak ayam kampung secara intensif dan profesional. Dengan Tips Dan Trik Sukses Usaha Ternak Ayam Kampung dirasakan mampu membuat pertumbuhan ayam berkembang maksimal. Berbeda halnya dengan teknik umbaran yang pertumbuhan daging dan produksi telur ayam kurang optimal.

Tehnik dan Cara Beternak Ayam Kampung

1. Pemilihan Lokasi

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam usaha beternak ayam kampung yang cepat berhasil dan mudah dijalankan adalah pemilihan lokasi usaha. Pilihlah lokasi usaha ternak ayam kampung yang mendukung ketersediaan makan dan air. Pastikan pula kandang ayam jauh dari permukiman penduduk dan terkena sinar matahari pagi yang berguna bagi kesehatan ayam kampung.

2. Tehnik Umbaran

Perbandingan antara cara beternak ayam kampung secara umbaran dan intensif sangat jelas. Teknik umbaran memerlukan jangka waktu sekitar enam bulan lebih untuk mendapatkan bobot ayam kampung sekitar 1 kilogram.

3. Tehnik Intensif

Hal ini berbeda dengan teknif umbaran dimana tehnik intensif ternak ayam kampung hanya memerlukan waktu selama dua bulan untuk mencapai bobot 1 kilogram ayam kampung pedaging siap panen.

4. Tehnik Rumahan

Jadi ada dua manfaat yang bisa anda dapatkan dari usaha beternak ayam kampung baik secara rumahan maupun intensif. Yaitu daging ayam kampung dan telur ayam kampung yang bisa dijual dengan harga tinggi. Anda bisa berfokus pada satu jenis usaha ayam kampung yakni usaha produksi telor ayam kampung atau usaha jual daging ayam kampung. Bahkan bisa menggeluti kedua usaha tersebut asalkan masih bisa dikelola secara baik.