Tips Dan Trik Perawatan Harian Burung Murai Batu Kitaro

Posted on
Tips Dan Trik Perawatan Harian Burung Murai Batu Kitaro
                                       Tips Dan Trik Perawatan Harian Burung Murai Batu Kitaro

Tips Dan Trik Perawatan Harian Burung Murai Batu Kitaro – Pecinta Burung Kicau pasti akan merasa bangga kalau burung gacoannya menjadi juara lomba.Dan bagi pecinta burung kicau pasti tidak asing dengan nama kitaro.Ya,Kitaro merupakan burung murai batu dari Pagar Alam, Sumatera Selata pemilik asli burung murai batu kitaro ialah Om David Pagar Alam, kemudian ditranfser ke Om Darwin Delta dari Pelopor SF Lampung. Sejak di tangan pemilik lama, burung ini sudah sering juara. Prestasinya makin kinclong di tangan Om Darwin, bahkan selalu meraih juara 1 dalam setiap even yang diikuti. Hal ini tidak lepas dari perawatan harian burung murai batu agar gacor dan pada saat akan mengikuti lomba,ada beberapa rahasia perawatan burung  murai batu kitaro sebelum lomba agar juara.

Berikut ini Rahasia Perawatan Burung Murai Batu Kitaro Sebelum Lomba

  1. Selain voer sebagai pakan utama, Kitaro hanya mengkonsumsi jangkrik setiap pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 5 ekor. Di luar itu, dia hanya rutin memberi BirdVit, dengan jadwal hari Senin dan Jumat.
  2. Karena jadwal mainnya selama ini dua pekan sekali, murai batu Kitaro menjalani rawatan lomba mulai H-7 atau sejak Senin. Dalam hal ini porsi jangkrik dinaikkan menjadi 10/10. Ini berlaku hingga hari Sabtu.
  3. Pada hari Sabtu pula, ada menu tambahan berupa ulat hongkong sebanyak 2 ekor. “Pada hari lomba, atau Minggu, menu dikembalikan ke rawatan harian, yaitu jangkrik lima ekor sebelum dibawa ke lapangan,” jelas Om Darwin.
  4. Agar tubuhnya selalu segar, murai batu Kitaro dimandikan setiap hari. Dengan perawatan yang sederhana ini, murai batu Kitaro selalu menampilkan aksi-aksi serta performa suara yang menawan.
  5. Gaya tarungnya sangat aktif, sambil terus mengeluarkan semua isiannya yang tajam, dan volumenya pun tembus hingga pinggir lapangan.