Tips Cara Sederhana Memberi Pakan Anakan Burung Lovebird

Posted on

Tips Cara Sederhana Memberi Pakan Anakan Burung Lovebird

Tips Cara Sederhana Memberi Pakan Anakan Burung LovebirdTips Cara Sederhana Memberi Pakan Anakan Burung Lovebird.Seiring dengan semakin banyaknya pecinta burung lovebird belakangan ini, dan juga dikarenakan harga jual burung lovebird yang semakin menjanjikan semakin banyak pula para pecinta lovebird yang awalnya hanya sebagai pemain lapangan kini beralih membudidayakan burung lovebird.Untuk mendapatkan lovebird yang berkualitas salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ialah masalah makannya,hal ini sudah harus dilakukan dari lovebird anakan disapih dari induknya.Adapun cara pemberian pakan pada anakan lovebird tidak boleh sembarangan yang bias berakibat fatal pada anakan lovebird tersebut.

Tips Cara Sederhana Memberi Pakan Anakan Burung Lovebird

Berikut ini beberapa cara pemberian pakan pada anaka lovebird diantaranya ialah :

1. Pemberian makanan anak lovebird dengan spet berselang

Metode ini cocok untuk anakan berusia 7-28 hari.Handfeeding anakan burung lovebird menggunakan spet dengan karet angin merupakan metode yang paling banyak digunakan breeder di Indonesia. Dalam metode ini, proses pelolohan menggunakan alat bantu spet (spuit) yang bisa dibeli di toko unggas maupun toko kimia. Pilihlah spuit yang berukuran kecil (volume 50 ml atau 100 ml).Cabut jarumnya dari ujung spet, kemudian diganti dengan karet angin. Karet angin merupakan istilah yang kerap digunakan para penangkar burung. Adapun peternak ayam menyebutnya sebagai selang plastik berdiameter kecil. Diameternya harus pas dengan ujung spet. Jika terpaksa, boleh lebih sempit tapi tidak boleh lebih longgar dari ujung spet. Jika lebih sempit, kita bisa memodifikasinya dengan jalan memanaskan ujung selang, sampai akhirnya benar-benar masuk ke ujung spet. Handfeeding menggunakan spet dengan selang lebih dianjurkan untuk anakan lovebird yang berumur 7-28 hari. Sebab ujung saluran pencernaannya, yaitu kerongkongan, masih sangat kecil. Jika sudah berumur 4 minggu lebih, selang sudah tidak diperlukan lagi dan boleh dilepas.
Volume makanan yang diisikan pada spuit dibatasi sampai 50 cc saja. Masukkan spet ke paruh dengan agak ditekan dan harus cepat, agar piyik lovebird dapat segera menelan sesuai dengan refleks alaminya. Untuk menjaga agar makanan masuk secara efektif, spet dimasukkan dari sisi kiri paruh dan segera digeser ke kanan saat memulai penekanan spet ke kerongkongan. Hati-hati saat melakukan penekanan spet. Penekanan secara berlebihan dapat menyebabkan piyik tersedak. Namun jika terlalu lamban, terkadang anakan terlihat agresif (seperti marah), sehingga dapat menyebabkan cairan tumpah. Kata kuncinya adalah terus mencoba dan mencoba, sampai Anda benar-benar lihai menjalankan metode handfeeding ini. Selesai memberi makanan, spet harus selalu dicuci dengan air bersih, bahkan kalau perlu didesinfaktan agar selalu terbebas dari hama.

2. Pemberian makanan anak lovebird dengan spet tanpa selang

Metode ini tidak jauh berbeda dari handfeeding anakan lovebird menggunakan spet dengan selang. Satu-satunya perbedaan adalah kali ini kita tidak menggunakan selang. Metode ini cocok untuk meloloh piyik lovebird yang sudah berusia 4 minggu atau lebih.

3. Pemberian makanan anak lovebird dengan sendok untuk breeder pemula

Selain menggunakan spet (spuit), kita juga bisa meloloh anakan lovebird secara sederhana, yaitu menggunakan sendok. Cara ini dianjurkan untuk breeder pemula, karena memang lebih praktis dan murah. Anda perlu memodifikasi bentuk sendok, di mana bagian sisinya dibuat melengkung seukuran paruh bawah lovebird dewasa. Lebih dianjurkan lagi jika Anda memiliki beberapa ukuran sendok, setidaknya sendok teh dan ukuran sedikit lebih besar dari sendok teh (yang pasti jangan seukuran sendok makan ya, karena terlalu besar). Sebelum digunakan, sendok perlu dicuci dengan desinfektan atau cairan penyapu hama yang dapat dibeli di toko unggas maupun toko kimia, dengan harga relatif murah. Ini untuk mencegah kontaminasi bahan logam ke dalam saluran pencernaan anakan lovebird yang masih ringkih.
Metode penggunaannya sangat murah. Anda hanya perlu menyodorkan sendok yang sudah diisi dengan bahan makanan ke depan paruh anakan lovebird. Dalam kondisi lapas, anakan lovebird pasti akan menyeruput cairan yang ada di dalam sendok. Inilah keuntungan handfeeding menggunakan sendok. Ketika anakan lovebird sudah merasa kenyang, ia tidak mau disuapi lagi. Risiko tersedak pun bisa dihindari.

Tips Cara Sederhana Memberi Pakan Anakan Burung Lovebird

Tips Cara Sederhana Memberi Pakan Anakan Burung Lovebird. Perawatan yang benar akan menghasilkan burung lovebird yang berkualitas.Saya rasa cukup sampai disini dulu lain kali kami akan share lagi artikel lainnya.semoga bermanfaat dan berhasil.salam sukses.