Tips Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Atau Molting

Posted on

Tips Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Atau Molting

Tips Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Atau MoltingTips Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Atau Molting. Burung lovebird mabung atau molting adalah terjadinya proses perontokanbulu burung lovebird yang mengakibatkan lovebirdnya pun terlihat murung dan malas berbunyi.Tapi tenang dan tak perlu khawatir karena burung lovebird yang mabung adalah proses alamia yang di alami oleh lovebird dan burung lainya. Pada proses ini metabolisme tubuh lovebird akan meningkat 40% nah karena itu lovebird sangat membutuhkan asupan nutrisi dan protein pada pakan yang cukup tinggi, protein berguna untuk merangsang pertumbuhan dan mempertahankan bulu baru, hal ini mengapa lovebird membutuhkan perawatan eksklusif saat mabung, Pada masa ini burung akan seperti tak ada gairah berbuat apapun termasuk berkicau, sayangnya banyak dari kita memaksakan mereka tetap ngoceh pada saat mabung padahal lovebird pada masa mabung telah tersiksa dan menghabiskan banyak tenaga untuk menumbuhkan kembali bulu-bulunya, ini biasanya terjadi saat masa mabung terjadi kepada lovebird siap tanding pada detik-detik perlombaan. Tapi ada juga beberapa lovebird yang memang mereka justru lebih bagus performanya di arena lomba ketika mabung, Itu membuktikan bahwa sebenarnya lovebird mabung bukan hanya factor dari alami tapi juga ada yang memang karakter lovebird tersebut terus-terusan mabung.

Tips Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Atau Molting

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan ketika burung lovebird kesayangan kita mabung atau molting :

Tips Khusus Penanganan Lovebird Mabung

1. Kerodong burung lovebird

Pada saat mabung burung lovebird akan seperti tidak mempunyai jati diri, oleh karena itu tempatkan mereka di lokasi yang sepi agar mereka dapat fokus untuk menumbuhkan bulu-bulu mereka, banyak breeder mengerodong berhari-hari lovebird mereka tanpa ada jeda, saya menyarankan untuk membuka kerodong 30 menit saat pagi dan sore agar kita dapat memantau juga perkembangan mereka.

2. Hentikan penjemuran

Karena saat mabung lovebird tidak membutuhkan asupan sinar matahari untuk tubuh mereka, kebalikanya mereka membutuhkan tingkat kelembabpan yang tinggi untuk mempercepat proses penumbuhan bulu.

3. Mandikan burung lovebird

Mandikan lovebird 1 minggu sekali cukup, karena pada masa perontokan bulu dan kita mandikan ini malah akan menghambat penumbuhan bulu, rekomendasi mandikan lovebird saat bulu bulu baru mulai tumbuh bukan pada saat masa perontokan.

4. Berikan pakan dan EF

Faktor terpenting adalah membangun metabolisme tubuh harus dilakukan dari dalam tubuh oleh karena itu rekomendasi berikan telur rebus anda dapat membuat sendiri atau beli paket kemasan eggs food karena telur mengandung biotin dan energy booster yang diperlukan burung saat mabung, untuk extra fooding agar memenuhi nutrisi berikan juga fuji fuyamin, biji kwaci, multi vitamin dan mineral.

5. Jangan paksa bunyi

Jangan paksa mereka untuk berbunyi, biarkan mereka menormalkan kondisi mereka dahulu. Jauhkan mereka dari suplemen bunyian atau doping buat lomba.

Tips Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Atau Molting

Tips Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Atau Molting. Perawatan yang tepat akan membuat lovebird tidak malas berbunyi melainkan rajin bunyi dan siap dilombakan. Itulah beberapa hal yang bisa memancing dan membuat lovebird muda lebih aktif dan rajin berbunyi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat Bagi pecinta burung lovebird di manapun berada.