Tips Cara Merawat Anakan Kenari Agar Cepat Gacor

Posted on

Tips Cara Merawat Anakan Kenari Agar Cepat Gacor

Tips Cara Merawat Anakan Kenari Agar Cepat GacorTips Cara Merawat Anakan Kenari Agar Cepat Gacor. Cara merawat kenari muda, yaitu burung kenari yang berusia di bawah empat bulan memang membutuhkan kesabaran bagi pemiliknya, karena pada umumnya, burung kenari muda ini baru bisa berkicau setelah berumur lima hingga enam bulan. Semakin bertambahnya umur kenari muda, maka dia akan semakin rajin berkicau, setelah itu, burung kenari akan menjadi gacor setelah dewasa dan siap kawin dengan calon pasangannya. Adapun beberapa cara yang perlu dilakukan dalam merawat kenari muda yang masih berumur kurang dari empat bulan, sehingga kita bisa merawat kenari muda milik kita agar cepat bunyi saat mulai tumbuh dewasa.

Saat ini, ada banyak pencinta burung yang lebih suka membeli kenari yang masih berusia muda atau bahkan sangat muda. Selain disebabkan karena harganya yang lebih murah, kenari muda lebih mudah untuk dimaster dengan suara burung yang diinginkan. Jika Anda ingin mencetak kenari khusus untuk lomba, maka kenari yang disiapkan harus berusia lebih muda, atau sekitar 25 – 30 hari, karena waktu itu adalah waktu yang paling tepat untuk memulai proses pemasteran kenari.

Berikut ini ada beberapa tips penting lain tentang perawatan burung kenari yang berusia kurang dari empat bulan agar burung kenari milik Anda menjadi kenari yang berkualitas, baik dari segi mental dari si kenari, maupun dari suara isiannya.

Tips Cara Merawat Anakan Kenari Agar Cepat Gacor:

1. Pakan yang berprotein tinggi

Kenari atau jenis burung lain membutuhkan pakan yang berprotein tinggi sejak masih muda. Sejumlah ahli merekomendasikan untuk memberi pakan dengan kadar protein sekitar 20 – 22 %. Hal ini penting dilakukan untuk memacu perkembangan dan fungsi organ-organ tubuh burung kenari muda yang memang belum sempurna, selain juga untuk menunjang pertumbuhan badan kenari muda.

Sayuran berwarna hijau gelap sangat baik untuk kenari anakan karena memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C lebih banyak, serta mengandung beberapa mineral seperti kalsium (Ca), fosfor (P), zat besi (Zn), dan magnesium (Mg) yang penting untuk pertumbuhan burung kenari. Sayuran yang berwarna hijau tua juga menjadi sumber karotenoid yang memiliki manfaat untuk memerangi radikal bebas pada burung.

Selain itu, buah-buahan juga dibutuhkan sebagai makanan tambahan untuk kenari muda atau bakalan. Porsi buah-buahan sebaiknya berjumlah 1/4 bagian saja. Buah-buahan seperti peer dan apel baik untuk kenari, namun janganlah lupa untuk mengupas kulit dan membuang bijinya terlebih dahulu. Anda juga perlu mencatat bahwa tidak semua buah-buhan boleh dikonsumsi oleh burung kenari. Ada beberapa buah yang ‘haram’ diberikan pada berbagai burung kicauan, termasuk burung kenari, seperti alpukat dan tanaman cokelat.

2. Dijemur dalam waktu yang cukup

Kenari muda yang berusia kurang dari empat bulan juga butuh sinar matahari untuk mendukung pertumbuhan, menguatkan tulang, dan melancarkan penyebaran minyak yang melapisi bulu-bulu kenari sehingga tampak kuat, dan berkilau.

Sinar matahari mengandung banyak vitamin D, yang memang sangat dibutuhkan oleh kenari muda. Namun, penjemuran kenari harus di saat yang tepat, yaitu dimulai pada pagi hari hingga pukul 09.30. Sebisa mungkin hindari penjemuran burung kenari setelah pukul 10.00 karena cahaya matahari sudah cukup terik dan bisa menyebabkan burung kenari mengalami dehidrasi dan mengalami iritasi pada mata mereka.

3. Makanan Tambahan secara tepat

Makanan tambahan juga sangat diperlukan burung kenari. Burung kenari dan burung jenis finch lainnya memerlukan pakan tambahan di luar pakan utamanya. Pakan tambahan yang bisa diberikan pada kenari muda antara lain telur rebus, kroto, dan egg food.Telur puyuh rebus dipercaya bisa meningkatkan birahi kenari dengan cepat. Oleh karena itu, beberapa kicau mania memberi telur puyuh rebus secara berkala agar burung kenari tidak mengalami over birahi.

Namun, perlakuan berbeda perlu dilakukan pada kenari muda, termasuk dalam hal makanan. Kenari muda bisa diberikan telur secara terus-menerus secara rutin pada pagi dan sore hari dengan porsi setengah butir. Hal ini perl dilakukan karena kenari muda membutuhkan pakan yang memiliki protein tinggi.

4. Makanan yang mengandung kalsium dan fosfor

Burung muda jenis apapun, termasuk kenari muda sangat butuh mineral, khususnya fosfor (P) dan kalsium (Ca) karena dua mineral inilah yang memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan paruh, kuku, dan bulu dari burung kenari. Mineral ini bisa didapatkan melalui beberapa makanan, salah satunya tulang sotong.

5. Pemasteran kenari muda

Waktu yang tepat untuk mulai memaster burung kenari adalah saat kenari berusia 25 – 30 hari. Jika Anda tidak memiliki kenari bahan dengan usia semuda itu, Anda juga bisa menggunakan burung yang lebih tua, yaitu burung kenari yang berumur kurang dari 3 bulan.

Pemasteran kenari muda bisa menggunakan beberapa metode yang berbeda-beda. Sebagai contoh, suara dari kicauan burung masteran harus dalam kondisi rajin bunyi (gacor). Selain dengan burung asli, Anda juga bisa menggunakan media media elektronik, seperti handphone atau MP3 yang berisi suara burung. Metode yang memanfaatkan teknologi ini memang lebih murah, lebih efektif, dan lebih mudah dibanding harus membeli burung ocehan yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, keberhasilan pemasteran kenari tergantung dari penempatan, waktu, dan pengaturan suara masteran burung yang diputar.

Memaster burung kenari muda akan lebih efektif jika kita menempatkan sumber suara masteran dan kenari muda dalam satu ruangan. Jadi, proses perekaman dan pembelajaran kenari muda akan berjalan lebih sempurna dan lebih cepat dibanding jika dilakukan di luar ruangan.

Tips Cara Merawat Anakan Kenari Agar Cepat Gacor

Tips Cara Merawat Anakan Kenari Agar Cepat Gacor. Nah, itulah beberapa cara untuk merawat kenari muda agar cepat bunyi. Merawat kenari muda memang tidak mudah, serta membutuhkan proses dan waktu cukup panjang. Hasil perawatan dan pemasteran kenari anakan (kenari muda) baru bisa dilihat paling cepat saat kenari sudah berumur 1 tahun, meski kadang baru bisa dilihat hasilnya pada usia 2 tahun. Jadi, Anda perlu bersabar untuk melewati setiap proses perawatan burung kenari muda, karena kesabaran dan ketelatenan adalah kunci keberhasilan agar burung kenari bisa cepat bunyi.