Tips Cara Memahami Sifat Dan Karakter Lovebird Dalam Arena Lomba

Posted on

Tips Cara Memahami Sifat Dan Karakter Lovebird Dalam Arena Lomba

Tips Cara Memahami Sifat Dan Karakter Lovebird Dalam Arena LombaTips Cara Memahami Sifat Dan Karakter Lovebird Dalam Arena Lomba. Akhir-akhir ini kontes suara burung lovebird tengah ramai peminat,hal ini terbukti dengan semakin banyaknya peserta disetiap latihan maupun kontes burung lovebird.Satu hal yang sering membuat kita galau adalah saat burung yang sedang dilombakan tidak mau bersuara sama sekali. Hal ini juga terjadi pada lovebird yang sering ngeruji atau merayap, perilakunya menjadi agresif, dan sebagainya. Untuk itu, khususnya lovebird lovers pemula, perlu memahami perilaku burung lovebird Anda, sehingga bisa mengantisipasinya sejak dini agar tidak terjadi hal memalukan selama lovebird turun di arena lomba.

Tips Cara Memahami Sifat Dan Karakter Lovebird Dalam Arena Lomba

Faktor yang sering mempengaruhi hal tersebut diantaranya :

1. Suasana lomba burung di kelas lovebird.

Mengenali dan memahami karakter serta perilaku burung lovebird merupakan salah satu hal yang penting dan wajib dilakukan oleh setiap pemain. Sebab, dari situlah kita bisa mengetahui apakah burung sudah siap untuk dilombakan atau membutuhkan sedikit penanganan sebelum benar-benar siap dibawa ke lapangan. Dengan mengenali karakter dan perilakunya, kita juga akan segera tahu kapan lovebird benar-benar dalam kondisi top form, sekaligus bisa mengenali perubahan yang terjadi pada perilakunya. Sebab, jika tidak segera ditangani, lovebird cenderung akan bersifat nakal jika tetap dibawa ke lapangan untuk dilombakan.

2. Burung sering njeruji / merayap selama lomba

Pada dasarnya, hampir semua burung paruh bengkok memiliki kebiasaan ngeruji di dalam sangkar atau kandang. Jari-jari dan cakarnya memang seperti didesain Sang Pencipta sebagai burung yang andal dalam hal ngeruji. Jadi bukan hanya pada lovebird saja. Coba perhatikan serindit, kakatua, nuri, dan burung parbeng lainnya. Ini seperti kacer yang di habitat aslinya juga sering mbagong, atau cendet yang di alam liar sering salto. Yang menjadi persoalan, bagaimana agar perilaku alami ini tidak muncul saat lomba, apalagi lomba suara lovebird. Ketika lovebird ngeruji, biasanya dia menjadi malas bunyi.

Ada beberapa kemungkinan ketika lovebird sering njeruji sewaktu dilombakan, antara lain :

• Burung lovebird masih berusia terlalu muda sewaktu dilombakan. Perilakunya belum stabil, termasuk saat dilombakan. Lovebird sebaiknya dilombakan minimal saat berumur 6,5 bulan. Ada juga beberapa burung yang usianya kurang dari itu, namun dilombakan dan tetap moncer,akan tetapi burung muda itu hanya sesekali ditampilkan, tidak rutin setiap Minggu dilombakan. Intinya adalah jangan sering ditarungkan dengan burung-burung yang lebih tua atau mapan. Boleh, tapi jangan sering-sering. Untuk melatih mentalnya, sekaligus agar burung terbiasa dalam suasana kompetisi, lebih baik berkumpul bersama teman-teman lovebird lovers yang sama-sama memiliki burung muda. Jika usianya sudah 6,5 bulan, saat itulah burung layak dipertemukan dengan burung-burung yang lebih tua.

• Kondisi burung lovebird dalam keadaan gelish. Bisa karena masih muda, atau burung dewasa yang jarang dilombakan, atau bisa juga kondisinya memang tidak fit. Jika burung sudah cukup umur, sudah beberapa kali ikut lomba, maka kondisi fit atau tidak fit sebenarnya sudah bisa dideteksi sejak dari rumah. Misalnya, burung tidak terlihat murung, aktif bergerak, rajin bunyi, dan sebagainya. Jika burung jarang dilombakan, maka sering dibawa ke arena latber atau lomba, meski tidak ikut lomba. Jadi, burung sekadar dibiasakan mendengar suasana riuh oleh suara-suara lovebird yang sedang berlomba.

Burung lovebird mengalami over birahi atau birahi memuncak. Penyebabnya beragam, antara lain karena mendengar suara burung lain yang dianggapnya “merangsang”, akibat pemberian pakan dengan kandungan protein terlalu tinggi, dan sebagainya. Jika burung mengalami peningkatan birahi, maka perilakunya menjadi agresif. Selain sering ngeruji, lovebird juga suka menggesekkan bagian kloaka (vent) ke benda-benda di dalam sangkar, mulai dari tangkringan sampai jeruji sangkar.

Tips Cara Memahami Sifat Dan Karakter Lovebird Dalam Arena Lomba

Tips Cara Memahami Sifat Dan Karakter Lovebird Dalam Arena Lomba. Untuk mengenali sifat dan karakter burung lovebird saat dalam arena butuh kesabaran dan ketelitian karena tidak ada yang instan dalam perawatan burung, semuanya harus berproses.Semoga bermanfaat dan berhasil.Semoga tips kami kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi pecinta burung lovebird di manapun,lain kali kita akan bagikan artikel tentang tips yang lainnya.Semoga berhasil dan sukses.