Tahapan Menjodohkan Kacer Poci Bagi Pemula

Posted on

Tahapan Menjodohkan Kacer Poci Bagi PemulaTahapan Menjodohkan Kacer Poci Bagi Pemula – Kacer poci merupakan jenis burung kicau yang cukup agresif dan bermental petarung namun dalam hal suara masih dapat dilatih, karena keunikannya inilah banyak orang yang berminat memelihara dan menjodohkannya. Karena itu banyak pecinta burung kacer di indonesia yg berusaha menjodohkan, berikut ini tahapan menjodohkan burung kacer poci bagi pemula yang bisa dicoba. Dengan semakin berkembang pesatnya pecinta burung kacer dan harga jual yang semakin meningkat budidaya burung kacer semakin meningkat. Berikut ini Tahapan Menjodohkan Kacer Poci Bagi Pemula yang harus diketahui.

Tahapan Menjodohkan Kacer Poci Bagi Pemula

1. Cara membedakan kacer poci jantan dan betina

Untuk membedakan antara burung kacer poci jantan dan betina, anda bisa memperhatikan ciri-ciri berikut. Pada jantan, warna bulunya lebih hitam mengkilat sedangkan pada betina lebih kusam dan tampak abu-abu. Dari segi suara, jantan lebih memiliki variasi suara dan lebih gacor, namun pada beberapa betina suaranya terkesan monoton. ( baca: cara akurat membedakan kacer jantan dan betina ). Yang terakhir adalah, pada bagian dada jantan terdapat trotol hitam yang berpadu dengan warna putih kekuning-kuningan, pada betina trotol merupakan perpaduan antara putih dan abu-abu.

2. Ciri-ciri umum kacer poci

– Warna bulunya hitam mengkilat yang tersebar dari bagian kepala, dada hingga ke punggung
– Warna bulunya yang berwarna putih pada bagian perut, pantat hingga ekor.
– Terkadang warna putih ini bisa sampai ke bagian sayap.
– Bentuk paruh lancip namun agak pendek, berwarna hitam.
– Bagian ekor panjang dan melebar pada ujungnya.

3. Jenis pakan

Pada habibat asli, kacer poci biasa memakan jenis serangga, belalang, cacing, ulat bambu dan binatang kecil lainnya. Namun, para kicau mania yang memelihara burung ini dapat memberikan variasi makanan berupa voer serta extra fooding untuk meningkatkan stamina yaitu dengan kroto, jangkrik, ulat hongkong, dll. ( baca: Varian jenis pakan harian yang dapat diberikan kepada kacer )

4. Kandang ideal

Gunakan ukuran 40x40x60 cm berbentuk segi empat untuk kandang burung atau gunakan bentuk bundar dengan diameter 36-40 cm dan tinggi 60-80 cm. Bahan membuat kandang bisa dari kayu, bambu atau kotak, yang penting kuat. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan keinginanan. Jangan lupa untuk menaruh tenggeran di dalam kandang untuk memudahkan burung bertengger.

Tahapan Menjodohkan Kacer Poci Bagi Pemula – Demikian ulasan yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat terutama bagi para pemula yang ingin beternak burung kacer poci.Tetap semangat dan berusaha