Tahap Awal Beternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Posted on

Tahap Awal Beternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Tahap Awal Beternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Dalam beternak burung terutama burung lovebird tidak semudah membalik telapak tangan,akan tetapi ada beberapa tahap awal yang harus dilakukan agar beternak lovebird cepat bertelur. Dalam hal kali ini saya akan memberi tahu bagaimana cara beternak burung lovebird atau budidaya burung lovebird, untuk urusan burung yang satu ini banyak sekali disukai oleh semua kalangan dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa, karena bentuk burung yang cantik dan bagus ini menjadi salah satu burung yang banyak digemari. Untuk cara budidaya burung lovebird tidak terlalu susah, hanya perlu perawatan yang baik dan peternak harus bisa membedakan mana jantan mana betina , karena dari bentuk tubuh dan warna sama tidak bisa dibedakan dan hampir mustahil bisa membedakannya. Kemudian selain susah membedakan jenis kelamin pada burung lovebird,burung ini merupakan burung yang bukan berasal dari Indonesia melainkan Negara afrika yang kemudian di kenalkan oleh penduduk Indonesia dan ternyata mempunyai respon yang sangat baik. Menjadi peternak burung sangatlah mudah ketimbang kita beternak unggas lainnya, bagaimana cara beternak burung lovebird yang baik simak cara-cara berikut ini

Tahap Awal Beternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

1. Membedakan jenis Kelamin

Bukan dengan cara memegang tulang supit pada burung lovebird bisa menentukan jenis kelamin itu tidak benar melainkan dengan cara tes darah, dan kemudian dibawa ke laboratorium, waah pasti membutuhkan biaya lagi tuh,? Tetapi peternak tidak perlu khawatir, karena ada cara alternative lain, yaitu dengan membiarkan saja burung lovebird itu kawin. Burung lovebird adalah burung yang bisa kawin walaupun itu berjenis kelamin yang sama. Biarkan burung lovebird kawin, setelah proses perkawinan selesai tunggu hingga 14 hari, jika burung lovebird itu bertelur berarti salah satu diantara burung itu jantan jika tidak kebalikannya, berarti burung itu semuanya pejantan.

Saya menganjurkan apabila peternak sudah menemukan atau mengetahui jenis kelamin pada burung lovebird sebaiknya peternak memisahkan burung lovebird jantan dan betina, agar saat massa kawin atau bertelur peternak tidak kerepotan lagi untuk memilih mana itu burung jenis jantan dan mana betina.

2. Pemberian Pakan

Pemberian pakan ini sangat penting karena dapat membuat burung lovebird ini cepat untuk bertelur. Umumnya pemberian pakan pada burung lovebird ini adalah milet yang banyak disediakan oleh toko penjual pakan burung, tidak hanya diberikan pakan milet saja, tetapi perlu juga diberikannya makanan tambahan seperti sayur-sayuran seperti kangkung ataupun biji-bijian seperti jagung dan lain lain. Tidak hanya pakan saja namun pemberian vitamin juga perlu agar daya tahan tubuh burung lovebird menjadi agak kebal terhadap penyakit.

Saat masa pertumbuhan burung lovebird membutuhkan supleman yang baik agar saat masa bertelur burung lovebird dalam keadaan fit tidak mengalami stes atau gangguan-gangguan yang lainnya.

3. Mengetahui Usia Produksi

Dalam Beternak Burung Lovebird Peternak harus bisa mengetahui usia produksi bertelur pada burung lovebird, Pada usia 32 minggu sebenarnya burung lovebird sudah bisa bertelur namun telur yang dihasilkan kurang bagus,karena walaupun bertelur jarang sekali bisa menetas, usahakan peternak bersabar hingga usia burung tersebut mencapai umur satu tahun kalender. Agar telur yang dihasilkan bagus dan kualitas telur yang didapat menetas secara sempurna.

Jika sudah memulai massa kawin segeralah sediakan persiapan yang baik dan bagus agar burung lovebird bisa mengeramkan telurnya dengan nyaman dan tidak mengalami stress, dan bibit yang dihasilkan pun berkualitas dan laku laris di pasaran.

4. Menyediakan Tempat Untuk Bertelur

Dalam proses perkembang biakan burung lovebird peternak harus menyediakan tempat yang cukup besar. selain itu sediakan kotak yang berukuran 25 x 30 cm didalam kandang burung lovebird. Diusahakan Kandang untuk beternak burung lovebird ini didalam rumah dengan tempat yang sejuk dan tidak sering terkena sinar matahari, Karena saat proses pengeraman burung lovebird membutuhkan tempat yang nyaman, pada saat masa bertelur peternak harus menyediakan bahan-bahan seperti serat kelapa, rumput-rumput yang sudah kering dan lain sebagainya.

Tahap Awal Beternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Setelah bahan sarang yang sudah disediakan oleh peternak dimasukkan kedalam kandang, secara otomatis burung lovebird akan membawa bahan yang telah disediakan peternak masuk kedalam kotak untuk bertelur yang sudah disediakan oleh peternak. Masa penetasan telur pada burung lovebird biasanya memakan waktu 20-21 hari, Dan jumlah telur yang di hasilkan burung lovebird ini biasanya mencapai 6 telur dalam masa bertelur.

Demikianlah Tahap Awal Beternak Lovebird Agar Cepat Bertelur yang benar, dan ilmu yang sedikit ini mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca maupun peternak burung lovebird.