Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ikan Lele dengan Bawang Putih

Posted on

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ikan Lele dengan Bawang PutihRamuan Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ikan Lele dengan Bawang Putih – Dari masa ke masa perkembangan budidaya ikan lele semakin maju dengan berbagai inovasi dan teknologi terbaru. Meski demikian faktor kendala berupa penyakit pada ikan lele masih saja kerap ditemukan. Untuk itulah para pembudidaya ikan lele diharap untuk selalu memahami cara mengatasi penyakit ikan lele. Salah satu penyakit yang kerap menyerang ikan lele adalah penyakit aeromonas. Penyakit aeromonas lebih sering disebut sebagai penyakit borok atau penyakit koreng ikan. Pasalnya gejala fisik yang muncul memanglah berupa luka semacam borok pada kulit ikan (sisik terkelupas). Penyebab penyakit ini adalah dari infeksi bakteri aeromonas hydrophilla yang menyerang tubuh ikan. Bakteri patogen aeromonas akan mudah menginfeksi kulit ikan yang sisiknya terluka atau yang daya tahan tubuhnya rendah.

Adapun gejala Aeromonas pada Ikan Lele sbb:

1. Berkurangnya nafsu makan akibat adanya peradangan pada tubuh ikan
2. Bercak merah pada bagian luar tubuh yang lama-kelamaan berubah menajdi borok
3. Sirip punggung atau ekor rusak
4. Berkurangnya selaput lendir ikan sehingga kulit menjadi lebih kesat
5. Kualitas air merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit aeromonas.

Padahal rata-rata kolam ikan lele di Indonesia tidak melakukan sistem sirkulasi atau penggantian air. Tentu saja bakteri aeromonas akan berkembang pesat.Akan tetapi setiap penyakit pasti ada obatnya.Berikut ini Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ikan Lele.

Jika anda adalah salah satu yang mengalami serangan aeromonas pada ikan lele, maka berikut adalah cara mengobatinya.

1. Mengobati Penyakit Aeromonas dengan Antibiotik

Pada saat ditemukan satu ekor ikan lele yang terserang aeromonas maka jangan tunggu lama-lama lagi. Segera lakukan tindakan berikut ini.

  • Pisahkan ikan lele yang sudah terinfeksi aeromonas pada wadah khusus
  • Tambahkan probiotik seperti EM4 pada air kolam untuk menekan laju perkembangan bakteri patogen
  • Buat larutan antibiotik (bisa oxytetracylin atau terramycin) dengan konsentrasi 5 ppm lalu rendam ikan didalam larutan tersebut selama 24 jam.
  • Selanjutnya campurkan juga antibiotik secara merata pada pakan atau pelet. Dan berikan pada ikan yang sakit maupun ikan yang masih sehat didalam kolam. Tujuan antibiotik pada pakan adalah untuk mengobati ikan dari dalam.
  • Ikan yang sudah direndam selama 24 jam tadi lantas diwadahkan pada tempat khusus hingga sekitar seminggu agar kondisinya pulih total. Setelah pulih maka ikan tersebut bisa kembali dimasukkan kedalam kolam.

Perlu anda ketahui bahwa antibiotik tersebut sifatnya adalah kimia sehingga jika digunakan secara terus-menerus maka akan memungkinkan terjadinya resistensi bakteri (sifat kebal) sehingga bakteri tidak akan mati oleh antibiotik tersebut.Sebaiknya antibiotik hanya digunakana saat benar-benar terdapat serangan kemudian anda harus mengobati ikan yang sakit hingga sembuh agar bakteri benar-benar mati. Jangan sampai terjadi sifat resisten yang justru akan menyulitkan anda kelak.

2. Mengobati Aeromonas dengan Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai antibiotik alami yang memiliki sejuta manfaat bagi manusia. Tapi ternyata tidak hanya untuk manusia namun bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati aeromonas pada ikan. Keunggulan lainnya dari bawang putih adalah sifat antibiotik alaminya. Antibiotik alami lebih aman untuk dipakai meski berkali-kali dengan dosis salah sekalipun. Hal ini karena bakteri tidak bisa memicu gen resisten pada tubuhnya akibat antibiotik alami karena tubuh bakteri tidak akan mendeteksi sifat zat kimia yang tidak bisa diurai.

Untuk mengobati aeromonas dengan bawang putih maka caranya adalah sebagai berikut.

  • Pisahkan ikan lele yang terinfeksi aeromonas dari kolam
  • Haluskan sekitar 1-2 kg bawang putih yang sudah dikupas (Anda bisa menggunakan blender atau parut agar hasilnya lebih bagus)
  • Bawang yang sudah dihaluskan tadi dicampur air dengan perbandingan 1 : 1 (misal 1kg bawang maka dicampur dengan 1L air)
  • Siapkan wadah lalu isi dengan air dan campurkan air bawang dengan kadar 2-5%.
  • Ikan lele yang terinfeksi aeromonas agar direndam dalam air bawang tersebut selama 24 jam
  • Tambahkan EM4 didalam kolam untuk menekan perkembangan bakteri patogen semacam aeromonas ini
  • Jangan lupa untuk mencampurkan air bawang ke pakan secara merata lalu diberikan kedalam ikan yang sakit maupun ikan yang sehat dalam kolam selama 3 hari berturut-turut.
  • Ikan yang sudah direndam selama 24 jam kemudian ditempatkan pada wadah lain hingga 1 minggu (sampai aeromonasnya sembuh)
  • Ikan lele yang sudah sembuh bisa dikembalikan kedalam kolam pemeliharaan
  • Penggunaan bawang putih sebagai antibiotik alami untuk ikan mulai dikembangkan. Kini bahkan mulai diproduksi dalam bentuk serbuk yang siap dipakai sewaktu-waktu. Namun ada hal penting yang harus anda ketahui bahwasanya jika anda membuat antibiotik sendiri dari bawang putih maka sebaiknya seger dipakai dan jangan disimpan melebihi 3 hari. Hal ini karena adanya zat alami lain seperti mineral dan vitamin yang terkandung dalam bawang yang bisa membusuk.

Nah demikianlah tadi ulasan mengenai cara mengobati penyakit aeromonas pada ikan lele yang bisa anda lakuakn dengan antibiotik kimia maupun antibiotik alami. Semoga setelah membaca artikel ini akan menambah wawasan anda sehingga anda bisa mengatasi penyakit aeromonas yang mennyerang ikan lele budidaya anda.