Ramuan Herbal Mencegah Penyakit Ikan Lele Dengan Daun Sirih

Posted on

Ramuan Herbal Mencegah Penyakit Ikan Lele Dengan Daun SirihRamuan Herbal Mencegah Penyakit Ikan Lele Dengan Daun Sirih – Penyakit yang menyerang pada ikan lele merupakan momok bagi pembudidaya ikan lele. Bintik-bintik putih pada sekujur tubuh ikan lele yang akan menyebabkan lendir pada kulit ikan lele menjadi hilang serta akan mengakibatkan kulit ikan lele menjadi melepuh dan pada ujungnya akan terjadi kematian, biasanya itu disebabkan oleh penyakit aeromonas. Untuk mengatasinya peternak atau pembudidaya ikan lele harus paham mengenai penyakit yang menyerang ikan lele dan cara mengobati penyakit yang menyerang ikan lele. Akan tetapi sebelum terserang penyakit alangkah baiknya mencegahnya.Untuk mencegah penyakit yang menyerang pada ikan lele sebaiknya lakukan cara seperti dibawah ini:

1. Lakukan Perawatan air secara intensif.

2. Rawat air kolam Siram dengan menggunakan probiotic dan herbal.

3. Segera ganti air bila kualitas air sudah mulai jelek

4. Dalam pemberian pakan diseduh terlebih dahulu menggunakan air hangat serta dicampur dengan obat herbal serta vitamin dan probiotic.

5. Bila ikan lele rekan budidaya sudah terlanjur terserang oleh penyakit aeromonas ini maka rekan budidaya dapat meramu obat herbal seperti berikut:Siapkan 2 biji Bawang Putih, 10 Lembar Daun Sirih, 1/4 kg Kunir, dan 10 lembar Daun Pepaya.

Bila rekan budidaya tidak menemukan daun pepaya rekan juga bisa menggunakan daun jambu biji atau daun kipahit.

Cara Meramu dan menggunakannya yaitu dengan menghaluskan semua di atas (bisa di blender) lalu di rebus dengan menggunakan 2 liter air bersih biarkan sampai dingin. Untuk penggunaannya rekan budidaya lele dapat menyiramkannya ke dalam kolam dengan dosis 1 gelas per hari (lakukan sampai ikan benar-benar sembuh) tapi perlu diperhatian bahwa lele yg sudah terserang penyakit walau bisa di obati tetap saja akan ada yang mati, untuk itu pencegahan lebih baik daripada mengoati.