Ramuan Cucak Ijo Mini Gacor Dengan Air Teh

Posted on

Ramuan Cucak Ijo Mini Gacor Dengan Air TehRamuan Cucak Ijo Mini Gacor Dengan Air Teh – Cucak ijo mini yang memiliki nama latin Chloropsis Cyanopogon ini banyak tersebar di pulau Kalimantan dan Sumatera. Postur tubuhnya yang kecil dibandingkan dengan jenis burung cucak ijo lainnya membuat burung ini diberi nama “mini”.Daya tarik dari cucak ijo mini adalah kemampuannya dalam menirukan suara dari burung lain, dengan kelebihannya ini serta tampilan bulu yang hijau dan menarik membuat burung jenis cucak ijo banyak diminati oleh kalangan pecinta burung.
Dari postur tubuh, cucak ijo mini lebih kecil dibandingkan dengan cucak ijo biasa. Panjang tubuhnya hanya sekitar 17 cm, sedangkan cucak ijo biasa bisa mencapai 22 cm. Warna bulunya lebih hijau, tidak seperti cucak ijo ranting yang memiliki warna bulu hijau kekuning-kuningan. Di bagian wajah tidak ada corak warna biru. Volume suara terkadang tidak teratur, namun tipe suaranya tergolong lantang dan merdu.

Ramuan Cucak Ijo Mini Gacor Dengan Air Teh

Perawatan Harian Cucak Ijo Mini

Memelihara dan merawat burung memang gampang-gampang susah, bagi mereka yang telah terbiasa mungkin akan mudah, namun yang pasti dalam memelihara burung jenis apapun diperlukan kesabaran dan kedisiplinan dalam melakukan berbagai perawatan secara teratur.

Untuk perawatan sehari-hari, tidaklah jauh berbeda dengan perawatan cucak ijo lainnya. Kemampuan burung cucak ijo mini yang cepat beradaptasi memudahkan saat pemeliharaan. Jenis pakan yang disukai dan dapat diberikan untuk burung ini seperti buah-buahan manis yang segar, serangga kecil, nektar bunga dan air teh.

Sedangakan untuk makanan, anda bisa memberikan buah-buahan segar setiap hari misalnya pisang kepok atau pepaya, pilihan lain untuk pola makan adalah dengan variasi makanan, jadi anda bisa memberikan jenis makanan yang berbeda-beda, misalnya voer diselingi dengan buah.

Berikan makanan tambahan atau ekstra fooding agar kebutuhan nutrisi dan gizi burung terpenuhi. Beberapa contoh extra fooding yang bisa anda berikaa adalah jangkrik muda, ulat hongkong, kroto, ulat bambu. Untuk pemberian jangkrik, berikan dalam keadaan yang sudah mati atau dibuang kepalanya terlebih dahulu, apabila menggunakan voer sebagai pakan, gantilah setiap 2 hari sekali. Lengkapi pula tempat air minum dalam kandang, serta gunakan air yang bersih dan higienis untuk air minum burung, ganti air jika dirasa telah kotor.

Untuk tempat tinggal, anda bisa menggunakan sangkar bentuk kotak atau persegi panjang dengan ukuran panjangxlebar 45×45 cm dan tinggi sekitar 60 cm. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan sangkar dengan melakukan pembersihan rutin agar burung tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Ramuan Cucak Ijo Mini Gacor Dengan Air Teh

Tips perawatan ekstra cucak ijo mini

Suatu kali, jika anda mendapati Cucak Ijo Mini peliharaan anda mengalami masalah ini, maka lakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga dapat menjadi solusi tepat bagi masalah yang sedang anda hadapi.

• Membuat suara jernih: buatlah Ramuan Cucak Ijo Mini Gacor Dengan Air Teh, air teh  dicampurkan dengan sedikit air jeruk sebagai air minum burung, namun ini hanya boleh diberikan 2 kali dalam seminggu.

• Mengatasi burung yang drop: berikan kroto dan jangkrik lebih banyak dari biasanya sebagai asupan makanan burung, kurangi memandikan burung, cukup 1 kali/2 hari. Jemur burung lebih lama dan lakukan isolasi untuk sementara hingga kondisi burung pulih.

• Menjaga kondisi burung agar tetap fit: gunakan air perasan jahe, kunyit dan kencur sebagai campuran air minuman burung. Lakukan cara ini sebulan sekali agar kondisi burung tetap fit dan suaranya semakin merdu.

• Membersihkan kutu pada burung: gunakan air rebusan daun sirih dan kapur sirih yang telah dingin untuk memandikan burung menggunakan spray.