Rahasia Perawatan Lovebird Roro Menjelang Kontes

Posted on

Rahasia Perawatan Lovebird Roro Menjelang Kontes

Rahasia Perawatan Lovebird Roro Menjelang Kontes – Untuk perawatan burung lovebird lomba, roro, atau lovebird juara agar ngekek panjang waktu di arena kontes perlu adanya usaha yang keras dan juga dibarengi dengan ketelatenan dari pemilik burung. Dari beberapa pengalaman lomba yang pernah diikuti, kriteria dalam penilaian burung lovebird selain bisa ngekek panjang juga harus mahir melihat variasi lagu. Di ajang perlombaan sering ditemui lovebird dengan tipe ngekek panjang, akan tetapi relatif monoton. Sehingga yang bisa meraih juara adalah burung dengan durasi ngekek 20-30 detik saja. Adapun perawatan lovebird roro menjelang kontes berikut ini mungkin bisa memberi pengalaman baru bagi penggemar lovebird juara agar ngekek waktu di arena lomba.

Rahasia Perawatan Lovebird Roro Menjelang Kontes Dan Sesudah Kontes

1. Jam 07.00 mandikan burung dengan shampo

Metodenya bisa dengan menggunakan teknik semprot maupun mandi cepuk. Sangkar juga jangan lupa untuk dibersihkan. Selain perawatan agar lovebird roro jinak, pemandian burung gunanya juga agar burung tidak agresif dan menghindari over birahi. Jika kondisi burung drop, hentikan kegiatan mandi rutin sementara waktu dan lakukan penjemuran 2 jam setiap hari. Selanjutnya jika over birahi lakukan pemandian sehari 2 kali , pagi dan malam.

2. Jemur burung kurang lebih 45 menit sampai bulunya benar-benar kering.

3. Angin-anginkan di teras rumah, berikan Extra jagung

4. Lakukan pemasteran dengan menggunakan audio atau mp3 seperti di bawah ini:

5. Jam 16.00 krodongi sangkar burung sampai pagi hari.

6. Beri pakan burung serta vitamin berkualitas.

Bisa kita beri Pro Vit, Extra fooding jagung ataupun kangkun secara bergantian. Pemberian multivitamin dengan Pro Vit minimal 3 hari berturut (senin ,selas dan rabu) dalam jangka 1 minggu, Dan cara pemberian vitamin kita lakukan setelah proses penjemuran

7. Berikan air minum setiap hari, dan jaga kebersihan minumannya

8. Untuk teknik umbaran kita lakukan 1 minggu minimal 2 hari, antara pukul 10.00 sampai 16.00

Selain perawatan tersebut ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas lovebird juara agar ngekek panjang

1. Faktor Indukan (Trah Juara)

Dari faktor indukan ini dapat kita prekdisikan akan melahirkan lovebird yang bisa ngekek panjang. Namun, pastinya kita harus paham betul asal-usul indukan agar tidak salah pilih. Cara untuk mengetahui kualitas anakan trah jawara, kita dapat melihatnya secara fisik baik warna maupun performa dari kedua indukan. Cek apakah secara fisik sama dengan indukaknya. Namun, cara ini tidak 100% akurat, namun setidaknya dengan cara ini kita bisa memprediksinya.

2. Faktor Perawatan Harian

Perawatan harian juga dapat mempengaruhi kualitas ngekek panjang Lovebird. Meski kita memiliki anakan dari trah jawara bukan berarti anakan tersebut bisa ngekek panjang seperti indukannya tanpa perawatan dan latihan lovebird harian setiap hari.

– Pakan Lovebird

– Metode Tenggaran

– Pemberian Vitamin

– Teknik Memandikan Burung

– Teknik Pemasteran

Dengan memahami tentang perawatan burung lovebird roro menjelang kontes di atas,semoga bisa menjadikan lovebird milik para pecinta lovebird juara mania bisa mencapai impiannya dalam mewujudkan impiannya memiliki lovebird juara ngekek panjang.