Rahasia Perawatan Burung Murai Batu Kitaro Sebelum Lomba

Posted on

Rahasia Perawatan Burung Murai Batu Kitaro Sebelum LombaRahasia Perawatan Burung Murai Batu Kitaro Sebelum Lomba – Bagi pecinta Burung Murai Batu nama kitaro pasti sudah tidak asing lagi.ya burung murai batu kitaro merupakan burung juara dalam beragam ajang perlombaan. Sehingga banyak yg ingin tau Rahasia Perawatan Burung Murai Batu Kitaro untuk di terapkan ke burung murai gacoannnya.Sedikit cerita tentang burung murai batu kitaro yang sukses mencetak hattrick dalam even Radar Banten Cup 2 di Kota Serang, 15 Juni 2014. Oleh pemiliknya biasanya burung murai batu Kitaro diturunkan setiap dua pekan sekali. Paling tidak inilah ritme yang dilakukannya setelah burung merampungkan masa mabungnya kemudian dijajal dalam kontes Gedong Tatanan Cup I di Pringsewu. Gedong Tatanan Cup I adalah lomba garapan Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Pringsewu, yang berlangsung 18 Mei lalu. Dalam even ini, Kitaro dua kali menjadi juara 1. Dua minggu berikutnya, diturunkan dalam even 1th Anniversary KLI Lampung Cup di Bandar Lampung, 1 Juni 2014, dan lagi-lagi dua kali juara 1. Berselang dua pekan kemudian, Kitaro ngeluruk ke Jawa, mengikuti even Radar Banten Cup 2 di Kota Serang. Hasilnya lebih fantastis lagi. Tiga gelar juara 1 pun diraihnya, alias sukses mencetak hattrick.

Kembali ke topik pembahasan awal, seperti apa sih perawatan harian dan perawatan burung  murai batu Kitaro sebelum lomba? Berikut ini rahasia perawatan burung murai batu kitaro sebelum lomba yang ternyata mudah dan simple yang di mulai pada H-7 :

1. Perhatikan Makanannnya

Selain voer sebagai pakan utama, Kitaro hanya mengkonsumsi jangkrik setiap pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 5 ekor. Di luar itu, dia hanya rutin memberi vitamin burung, dengan jadwal hari Senin dan Jumat.

2. Suplemen atau Vitamin

Karena jadwal mainnya selama ini dua pekan sekali, murai batu Kitaro menjalani rawatan lomba mulai H-7 atau sejak Senin. Dalam hal ini porsi jangkrik dinaikkan menjadi 10/10 dengan tambahan vitamin sebagai pendongkrak stamin. Ini berlaku hingga hari Sabtu.

3. Menu Tambahan

Pada hari Sabtu pula, ada menu tambahan berupa ulat hongkong sebanyak 2 ekor. “Pada hari lomba, atau Minggu, menu dikembalikan ke rawatan harian, yaitu jangkrik lima ekor sebelum dibawa ke lapangan,” jelas Om Darwin.

4. Mandikan Tiap Hari

Agar tubuhnya selalu segar, murai batu Kitaro dimandikan setiap hari. Dengan perawatan yang sederhana ini, murai batu Kitaro selalu menampilkan aksi-aksi serta performa suara yang menawan. Gaya tarungnya sangat aktif, sambil terus mengeluarkan semua isiannya yang tajam, dan volumenya pun tembus hingga pinggir lapangan.