Rahasia Dibalik Racikan Pakan Burung Cucak Ijo

Posted on

Rahasia Dibalik Racikan Pakan Burung Cucak IjoRahasia Dibalik Racikan Pakan Burung Cucak Ijo – Dalam hal makanan burung cucak ijo memang harus bervariasi itupun tidak jauh beda dengan burung kicau lainnya. Untuk jenis pakan burung cucak ijo memang harus variatif, tidak jauh berbeda dengan makanan pada jenis burung kicauan lainnya. Pemberian pakan yang beragam bertujuan agar kebutuhan nutrisi pada burung tercukupi sehingga kesehatan dan kualitas suara burung kicauan tetap terjaga baik. Beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh burung cucak ijo seperti mineral calcium, zat besi, mangan, kalium, dll. Selain itu kebutuhan akan vitamin juga tidak boleh dilupakan.

Terlepas dari kandungan nutrisi yang diatas telah dibahas, kandungan protein pada makanan itu ialah kandungan paling penting yang dibutuhkan cucak ijo untuk ngoceh mulu, kandungan protein pada pakan akan meningkatkan birahi cucak ijo jika takaranya tepat maka cucak ijo akan terpancing untuk berbunyi. Memang untuk membuat cucak ijo memiliki suara yang luar biasa diperlukan banyak hal bukan hanya pakan, perawatan yang tepat merupakan juga salah satu yang perlu rutin kita aplikasikan ke cucak ijo agar mendapat hasil yang diinginkan.

Varian pakan harian untuk cucak ijo

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja jenis pakan cucak ijo yang sesuai dan bagus untuk diberikan, berikut penjelasannya.

Buah Segar

Buah-buahan segar seringkali menjadi makanan favorit bagi burung, selain rasanya yang enak kandungan air dalam buah tentu dapat menyegarkan. Buah juga berfungsi sebagai pakan diet untuk menyeimbangi pakan berprotein, dengan menjaga tubuh cucak ijo tetap baik akan berpengaruh pada aktifitas cucak ijo yang makin gesit dan tidak malas berkicau. Beberapa jenis buah seperti di bawah ini baik diberikan untuk Cucak Ijo.

Pepaya

Kandungan vitamin A dalam buah pepaya dapat membuat penglihatan burung cucak ijo tetap jelas dan terhindar dari rabun. Selain itu kandungan vitamin C mampu memperkuat sistem imun sehingga burung tidak mudah sakit. Jika diberikan pada cucak ijo, dapat memperlancar pencernaannya.

Pisang Kepok

Diantara banyaknya jenis pisang, pisang kepok adalah jenis pisang yang paling bagus untuk makanan cucak ijo. Berikan pisang yang telah dalam keadaan matang, karena jika pisang dalam keadaan mentah atau setengah matang maka teksturnya masih agak keras.

Apel

Pada saat memberikan apel sebagai makanan cucak ijo, maka kupaslah dan potong menjadi kecil-kecil terlebih dahulu sebelum diberikan. Hal ini agar memudahkan cucak ijo saat memakannya.

Tomat

Tidak jauh berbeda dengan buah lainnya, tomat juga kaya akan vitamin. Berikan tomat sebagai variasi makan cucak ijo. Pilih tomat yang agak besar dan matang, lalu belahlah menjadi dua bagian atau dapat juga dipotong kecil.

Voer

Voer merupakan jenis makanan burung yang melalui proses pengolahan dengan kandungan nutrisi yang telah ditetapkan sesuai kebutuhan. Kelebihan penggunaan voer sebagai salah satu jenis pakan cucak ijo adalah dapat bertahan lama jika disimpan ditempat yang aman, kandungan gizinya telah diketahui secara jelas, dapat diberikan dengan porsi atau takaran yang yang sesuai serta harganya relatif murah dan mudah didapatkan. Saat ini banyak macam voer yang dijual, untuk Cucak Ijo sebaiknya pilih voer dengan kadar kandungan protein sekitar 12% -18%. Usahakan untuk mengganti voer setiap 2 hari sekali agar kebersihan pakan tetap terjaga.

Extra Fooding

Extra fooding adalah makanan tambahan yang diberikan sebagai penunjang, misalnya agar burung lebih sering berkicau, membuat suara lebih nyaring dan merdu, dll. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk cucak ijo yang berasal dari hewani.

Ulat

Banyak jenis ulat yang bisa digunakan sebagai jenis pakan cucak ijo diantaranya adalah ulat bambu, ulat hongkong, dan ulat kandang. Saat ini, makanan ulat untuk burung dapat dengan mudah dijumpai dipasaran. Pada jenis ulat yang memiliki kulit keras seperti ulat hongkong, maka pilih ulat hongkong yang dalam keadaan ganti kulit.

Belalang

Pemberian makan berupa belalang dapat membuat cucak ijo menjadi lebih sering mengeluarkan bunyi atau kicauan. Akan lebih baik jika memberikan belalang yang tidak bersayap atau masih dalam keadaan muda.

Cacing

Jenis cacing yang dapat diberikan untuk jenis burung kicau adalah cacing tanah, cacing fosfor, cacing merah dan cacing bayam. Berikan kepada cucak ijo cacing yang masih hidup, jangan yang telah mati, selain itu sebelum diberikan, rendam terlebih dahulu cacing ke dalam air untuk membersihkannya dari berbagai kotoran.

Kroto

Jenis pakan cucak ijo dari hewani yang pertama adalah kroto. Kroto merupakan larva semut atau angkrang. Jenis makanan ini salah satu yang cukup digemari oleh burung pemakan serangga. Kroto sendiri dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu kroto kacang, basah, kasar dan halus. Untuk pemberian kroto, sebaiknya hanya diberikan maksimal 2 kali dalam seminggu.

Rahasia Dibalik Racikan Pakan Burung Cucak Ijo

Rahasia Dibalik Racikan Pakan Burung Cucak Ijo – Perlu diperhatikan bahwa untuk pemberian ekstra fooding tidak boleh sembarangan, harus ditentukan porsi yang tepat serta disesuaikan dengan kondisi dan karakter cucak ijo, hal ini karena pemberian ekstra fooding dapat memberikan dampak kepada keadaan burung.