Perawatan Lovebird Sebelum Lomba Dengan Sayur Dan Buah

Posted on

Perawatan Lovebird Sebelum Lomba Dengan Sayur Dan BuahPerawatan Lovebird Sebelum Lomba Dengan Sayur Dan Buah – Sebelum tampil lomba burung lovebird memerlukan perawatan yang lebih. Perawatan lovebird sebelum lomba tentu saja berbeda dengan perawatan harian yang diberikan jika tidak akan melakukan lomba. Lovebird yang sudah gacor sekalipun tetap harus diberikan perawatan khusus setiap menjelang lomba. Perawatan khusus ini diperlukan untuk meningkatkan stamina burung dan meningkatkan birahi sang burung. Semakin burung lovebird birahi maka burung akan mengeluarkan suara terbaiknya. Perawatan lovebird sebelum lomba pada intinya adalah meningkatkan birahi sang burung.

Cara menyiapkan lovebird untuk lomba harus dilakukan minimal tiga hari sebelum pelaksanaan lomba. Lovebird yang sudah gacor sebaiknya diberikan asupan tambahan selama tiga hari sebelum berlomba. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana perawatan lovebird sebelum lomba.

Perawatan Khusus Lovebird Sebelum Lomba

1. Berikan makanan selingan berupa sayur dan buah

Tidak hanya pemberian EF saja, namun lovebird juga harus diberi makanan selingan berupa buah dan sayur. Perawatan lovebird sebelum lomba dengan memberikan buah dan sayur ini bertujuan untuk memberikan multivitamin alami untuk burung lovebird agar stamina burung menjadi meningkat dan tidak mudah lelah.

2. Kerodong burung sehari semalam

Perawatan lovebird sebelum lomba yang terakhir adalah mengkerodong burung dalam sangkar selama satu malam. Kerodong tidak boleh dibuka sebelum waktu perlombaan dimulai. Pengkerodongan ini dimaksudkan agar burung tidak stres dan bisa mengeluarkan gacor terbaiknya ketika sudah di arena lomba. Jangan lupa berikan EF lagi ketika burung sudah berada dalam arena perlombaan.

3. Perbanyak EF

Memperbanyak EF atau Ekstra Food adalah cara perawatan lovebird sebelum lomba yang paling utama. EF yang diberikan sebaiknya diperbanyak dua kali lipat saja, jangan terlalu banyak memberikan EF karena burung bisa mabung jika over birahi. Kicauan yang dikeluarkan oleh lovebird yang over birahi juga tidak maksimal dan cenderung tidak bagus.

4.  Kurangi penjemuran

Perawatan lovebird sebelum lomba yang paling pertama adalah dengan mengurangi intensitas penjemuran pada burung. Tiga hari sebelum lomba, sebaiknya burung mulai sering dikerodong dan kurangi intensitas penjemuran di pagi hari. Jika biasanya burung dijemur selama 2 jam setiap harinya, maka tiga hari sebelum lomba cukup jemur 15 menit di pagi hari saja.

Tips Perawatan Lovebird Sebelum Lomba

Perawatan burung lovebird dilakukan tidak hanya  ketika akan menjelang lomba saja namun setiap harinya juga harus diberikan perawatan yang tepat. Perawatan lovebird sebelum lomba ini khusus jika burung akan mengikuti kontes kicauan. Jika burung tidak ingin diikutkan lomba, perawatan bisa dilakukan sewajarnya saja. Hal terpenting dalam melakukan perawatan lovebird adalah memberinya pakan yang bernutrisi dan melakukan pemasteran agar burung lovebird cepat gacor. Jangan lupa kebersihan kandang juga harus diperhatikan agar burung tidak terkena infeksi kutu ataupun tungau. Lovebird jawara tidak akan lahir tanpa ada perawatan yang rutin dan maksimal.