Perawatan Lovebird Ngekek Panjang Dengan Pengembunan Air Es

Posted on

Perawatan Lovebird Ngekek Panjang Dengan Pengembunan Air EsPerawatan Lovebird Ngekek Panjang Dengan Pengembunan Air Es – Banyak macam cara yang dilakukan oleh pemilik burung lovebird agar lovebird gacoannya ngekek panjang. Selain perawatan yang konsisten dan memahami karakter lovebirdnya ada cara perawatan lovebird ngekek panjang dengan pengembunan air es. 5 teknik mudah dan praktis yang penulis sudah lakukan untuk menambah durasi ngekek pada burung Lovebird
Berikut penjelasannya :

1. PEMBERIAN PAKAN YANG IDEAL

Pemberian pakan yang dimaksud adalah pakan yang bersih dan higienis. Banyak pakan bermerk yang dijual dipasaran untuk mendongkrak performa burung lovebirds, namun yang harus diperhatikan adalah hati-hati dalam penggunaannya, jika berlebihan maka lovebirds anda akan cepat OB belum waktu nya.
Harian cukup diberikan milet putih saja yang sudah dibersihkan. Untuk menaikan birahi pada lovebirds dapat diberikan kangkung segar 1 batang sehari, toge segar atau berikan kwaci. Kangkung, toge dan kwaci dipercaya bisa meningkatkan birahi pada burung lovebirds karena kangkung, toge dan kwaci mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh lovebirds itu sendiri seperti Vitamin E, B komplek, Mangan, Magnesium, Fosfor, Folat dan Besi.

2. PENGEMBUNAN

Ternyata pada burung lovebirds pun bisa dilakukan, dan hasil nya Lovebirds jadi rajin ngekek.
Pengembunan dilakukan mulai pukul 05.00 atau pada saat belum terbitnya Fajar, sebab kenapa? Karena embun pagi itu udaranya masih segar dan Prinsip dasarnya semua jenis burung sangat menyukai waktu di pagi hari sebab dimulai dari cuaca dingin berubah menjadi hangat dengan terbitnya sinar matahari yang memancarkan ultraviolet ( uv ) yang sangat baik buat metabolisme tubuh burung itu sendiri dan merangsang naik nya birahi untuk ngekek.
Sebaiknya setelah pengembunan itu berikan wadah yang cukup (bekas wadah es krim), untuk lovebirds nya mandi sendiri, sebab kenapa? Dengan lovebirds nya mandi sendiri, memberikan kenyamanan pada lovebirds itu sendiri karena kebutuhan mandi nya sesuai dengan keinginan nya dan secukup nya.

3.  TERAPI MANDI MALAM

Terapi ini dapat sangat baik dilakukan ketika lovebirds masuk ke masa birahi karena kondisi birahi lovebirds bisa terkontrol. Ciri-ciri Over Birahi (OB) pada lovebirds adalah ditandai dengan gaya ngleper / buka sayap pada betina, mengawini pangkringan / gestang pada jantan, cabut bulu, hingga burung jarang bunyi / macet.
Waktu yang tepat untuk melakukan terapi mandi malam yaitu antara pukul 19.00–21.00 sebab kenapa? Karena pada rentang waktu itu cuaca atau hawanya masih tidak terlalu dingin. Cara penyemprotannya dengan semprot halus / spray supaya bulu bulu lovebirds tidak cepat rusak.
Air yang digunakan untuk mandi malam salah satunya adalah dengan rebusan air sirih 30% ditambah air bersih netral 70%, tujuannya adalah bisa memperhalus dan mengkilapkan bulu pada lovebirds dan juga berkhasiat sebagai anti septik yang dapat membunuh kutu yang merupakan parasit utama pada lovebirds.

4. OLAH RAGA FISIK

Olah raga fisik yang dimaksud disini adalah dengan cara memasukan lovebirds ke Kandang Umbaran atau bisa juga dengan cara berenangkan lovebirds pada wadah yang di isi air setinggi badannya lovebirds ( pilihlah sesuai selera dengan mempertimbangkan untung rugi nya ).
Tujuannya adalah untuk melatih paru-paru pernafasan pada lovebirds sehingga pernapasannya bisa lebih panjang.

5. PEMASTERAN

Pemasteran yang baik adalah ketika lovebirds sedang masuk masa mabung / pergantian bulu. karena pada saat mabung, lovebirds lebih cenderung diam dan banyak merekam suara-suara yang mudah untuk diingat.
Suara yang bagus untuk memaster lovebirds adalah suara lovebirds ngekek panjang, kenarian, cililinan, jenggotan, tengkek buto dan belalang ( pilihlah sesuai selera ). Suara masteran bisa menggunakan mp3 yang diperdengarkan secara lembut supaya mudah direkam oleh lovebirds.
Kondisi lovebirds diwajibkan untuk full krodong supaya lovebirds nya diam, tenang, nyaman dan mendengarkan sehingga proses pemasteran bisa berjalan dengan lancar.