Perawatan Burung Lovebird Juara 1 Jam Sebelum Kontes

Posted on

Perawatan Burung Lovebird Juara 1 Jam Sebelum KontesPerawatan Burung Lovebird Juara 1 Jam Sebelum Kontes –  Burung Lovebird merupakan burung cantik yang banyak peminatnya dan tak jarang yang di lombakan, Sehingga banyak para pecinta burung lovebird bertanya bagaimana cara merawat burung lovebird sebelum kontes, hal itu wajar adanya. Untuk itu berikut ini beberapa tips perawatan  lovebird juara 1 jam sebelum kontes. Dengan perawatan dan pakan yang benar pasti burung lovebird akan mrnjadi juara seperti yang di dambakan.

Perawatan Lovebird Juara 1 Jam Sebelum Kontes

Lakukan perawatan pada lovebird pejantan anda 6 atau 7 hari sebelum lomba dengan cara berikut:

1. Pada saat H-6 sebelum lomba di mulai sebaik nya berikan pakan biji bijian pada lovebird anda dengan pakan yang berkualitas.

2. Kemudian pada saat H-6 jauhkan burung anda dari suara lovebird lain guna menghindari terjadinya over birahi, karena jika terjadi over birahi burung anda akan bunyi terus menerus sehingga saat pementasan burung anda tidak akan berbunyi secara maksimal dan stamina ngedrop.

3. Setelah itu saat H-3 atau 3 hari sebelum lomba tambahkan pakan biji bijan pada burung atau berikan pakan tambahan extra fooding agar suara yang di hasilkan saat kontes semakin gacor, berikan juga vitamin guna menjaga stamina lovebird tidak ngedrop.

4. Kemudian saat 2 hari menjelang kontes atau H-2 kurangi penjemuran pada burung, sebaiknya 20 menit saja guna menghindari over birahi pada lovebird.

5. Saat beberapa jam menjelang kontes berikan lagi vitamin pada lovebird, berikan 2 tetes vitamin yang di campur dengan air minum.

6. Satu jam menjelang kontes berikan pakan tambahan seperti kangkung.

7. Saat sudah tiba di lapangan krodong jangan anda lepas, tetap dalam keadaan di krodong sampai giliran burung anda di gantang atau di konteskan. Cara ini bertujuan agar lovebird anda tidak latah atau ikut berbunyi sehingga membuat stamina burung menjadi menurun.

8. Usahakan saat tampil atau di gantang, burung anda tampil belakangan.

9. Kemudian saat setelah tampil berikan kembali vitamin dan biji bijian agar ketika burung anda kembali di pentaskan stamina tidak akan menurun dan tetap mengeluarkan gacoran terbaik.

10. Pemberian suplemen

Banyak yang bertanya bagaimana cara memberikannya, kapan waktu memberinya, dan semacamnya.
Sesungguhnya soal teknis memberikan bisa beragam, menyesuaikan dengan karakter burung yang bersangkutan. Umumnya Love Bird memang bisa dipegang-pegang. Seperti halnya kusumo langsung diteteskan ke mulutnya.
Tapi bila burung Anda, apakah itu love bird atau jenis lainnya, mungkin karakter yang tidak mau dipegang, atau kalau dipegang jadi stres, cara pemberiannya bisa dicampur dengan minuman. Air dalam kolak tidak usah banyak-banyak, cukup sepertiga atau seperempat kolak saja.
Kepala burung biasanya digoyang-goyang, kadang juga digosok-gosokkan pada pangkringan atau jeruji, bersamaan dengan itu, dari mulutnya akan keluar cairan berlendir semacam dahak.