Penyebab Telur Burung Kacer Kopong Dan Solusinya

Posted on

Penyebab Telur Burung Kacer Kopong Dan SolusinyaPenyebab Telur Burung Kacer Kopong Dan Solusinya – Hal yang paling di tunggu oleh semua peternak burung kacer ialah menetasnya telur Kacer dengan sempurna. Namun hal tersebut tidaklah mudah,seringkali dijumpai telur dalam keadaan kopong. Penyebab Telur Burung Kacer Kopong Dan Solusinya akan kita bahas kali ini.Pasalnya, saat telur ini menetas, seorang peternak haruslah mulai untuk merawat dan memperhatikan piyik Kacer yang masih rapuh tersebut. Tapi di luar itu semua, menetasnya telur ini juga menjadi awal dari keuntungan finansial dari seorang peternak. Tapi terlepas dari semua keuntungan di atas, proses pengeraman telur sering sekali meninggalkan masalah, dan terkadang mengakibatkan telur-telur tersebut tidak menetas. Jika sudah begini, seorang peternak pasti akan merugi.

Penyebab Telur Burung Kacer Kopong

Di samping karena proses pengeraman telur yang buruk, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan telur-telur Kacer tidak jadi menetas. Maka dari itu, untuk meminimalisir telur yang tidak menetas, sebaiknya Anda hindari beberapa penyebab tersebut.

Adapun penyebab-penyebab yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pengeraman telur yang tidak optimal
Penyebab utama telur Kacer tidak menetas adalah karena telur-telur tersebut tidak menjalani proses pengeraman yang baik. hal tersebut umumnya terjadi karena indukan Kacer segan mengeram dan tidak betah berada di sangkar.

2. Telur tidak dibuahi pejantan
Hal seperti ini sering sekali terjadi pada pengembang biakan Kacer. Menurut beberapa orang yang sudah mengalami hal ini, telur-telur tersebut tidak bisa menetas karena tidak memiliki embrio Kacer di dalamnya. Dan penyebab dari hal ini sendiri umumnya terjadi karena telur tidak dibuahi oleh sel sperma pejantan.

3. Kondisi sangkar yang kurang kondusif
Kondisi sangkar yang tidak kondusif juga menjadi sebab lain telur Kacer tidak menetas. Pasalnya, jika kondisi sangkar kurang nyaman dan tidak kondusif, itu akan menyebabkan indukan Kacer enggan untuk mengeram.

Cara Mengatasi Telur Kacer yang Kopong

Cara mengatasi telur Kacer tidak menetas sebenarnya dilakukan berdasarkan penyebabnya. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi telur yang tidak menetas ini adalah sebagai berikut:

1. Berikan asupan pakan Kacer dengan porsi dan nutrisi yang cukup.
2. Memaksimalkan proses penjodohan antara indukan jantan dan betina Kacer.
3. Membuang setidaknya 3 telur pertama Kacer, karena ketiga telur tersebut disinyalir adalah telur-telur infertil.
4. Meminimalisir gangguan untuk indukan Kacer yang sedang mengerami telur.
5. Membuat sarang yang nyaman dan enak untuk ditempati.
6. Mengkondisikan lingkungan sekitar sarang agar senantiasa kondusif dan nyaman bagi indukan Kacer yang sedang mengerami telur.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi telur Kacer yang tidak menetas. Oh ya, selain untuk Kacer, cara-cara di atas juga bisa digunakan untuk beberapa jenis burung kicau lainnya. Hanya saja, untuk jenis burung yang lain, Anda harus lakukan beberapa penyesuaian dalam hal pakan dan sarangnya.