Penyebab Burung Lovebird Kekurusan Atau Nyilet

Posted on

Penyebab Burung Lovebird Kekurusan Atau NyiletPenyebab Burung Lovebird Kekurusan Atau Nyilet – Burung lovebird kekurusan atau yang lebih kerennya nyilet merupakan suatu hal yang sangat bikin resah dan bingung atau bahkan sangat merugikan banyak breeder karena selain aktifitas burung lovebird akan menurun karena lemas dan nyilet dapat berujung pada kematian. Masalah ini ditimbulkan bisa karena pemberian pakan yang tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan lovebird, sehingga lovebird menderita gizi buruk. Faktor lain bisa karena lovebird mengalami penyakit atau parasit pengganggu di dalam tubuh lovebird seperti cacing. Problema lain adalah lovebird mengalami penurunan berat badan yang drastis, misalnya berat badan lovebird mengalami penurunan 10% dari bobot badan normalnya, lovebird demikian disebut lovebird kurus tetapi lebih bahaya lagi jika penurunannya mendekati angka 20%, istilah ini disebut nyilet.

Penyebab Burung Lovebird Kekurusan Atau Nyilet

Berdasarkan pengalaman penulis ada 3 penyebab utama lovebird nyilet

1. Cacing gelang – Banyak parasit yang memang membuat banyak lovebird menjadi kurus, misalnya saja tungau, kutu dan cacing gelang. Berdasarkan pengalaman saya cacing gelang adalah parasit yang sering menyebabkan lovebird nyilet, beberapa lovebird yang mati karena nyilet terdapat cacing gelang didalam tubuhnya. Lovebird yang terserang cacing gelang dianjurkan untuk lebih sering dijemur agar lebih sering terkena cahaya matahari, berikan obat cacing khusus burung yang banyak dijual di toko burung.

2. Gizi dari pakan – Pakan adalah faktor paling penting untuk semua aspek, pakan yang bergizi ialah kuncinya. Tidak semua pakan memiliki gizi yang sama walaupun terkadang bentuknya sama, cara mengemas dan cara produksi pakan dan pilihan biji terbaik itu adalah faktor apakah pakan itu berkualitas atau tidak. Makanya berbagai merk pakan burung yang menawarkan komposisi yang sama tetapi berbeda harga, kenapa? seperti yang tadi telah dibahas bagaimana cara produksi setiap pakan berbeda. Saya merekomendasikan benelux primus yang diproduksi langsung dari belgia, selain komposisinya kumplit, benelux primus juga memiliki kandungan yang bagus di setiap bijiannya yang memnuhi gizi lovebird, untuk melihat produk klik

3. Nyilet karena penyakit gondok – kebanyakan lovebird mati karena penyakit ini, penyakit ini akan berakibat dada lovebird menonjol seperti halnya manusia jika mengalami penyakit gondok. Jika anda berpikir ini dikarenakan gizi buruk lalu anda hanya mengganti pakan mereka maka penyakit gondok ini akan berakibat fatal untuk lovebird anda. Burung yang menderita penyakit ini membutuhkan iodium, kandungan iodium banyak terdapat pada ikan dan garam. Jika sulit mengakali makanan tersebut, beli obat dalam bentuk kapsul yang mengandung iodium tinggi berikan dengan porsi sangat kecil kepada lovebird.