Mudahnya Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

Posted on

Mudahnya Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

Mudahnya Merawat Burung Kenari Bagi PemulaMudahnya Merawat Burung Kenari Bagi Pemula.Burung kenari adalah burung yang sensitif terhadap cahaya, kondisinya akan berubah sesuai dengan berubahnya lama cahaya matahari bersinar seperti halnya di pergantian musim sepanjang tahun. Kita ketahui bersama bahwa musim berternak kenari di negara yang mempunyai 4 musim adalah di musim semi. Dengan kata lain kenari akan berubah kondisinya dengan merespon stimulus fisik yang kita berikan melalui lama lampu di ruangan di mana kita memeliharanya.

Mudahnya Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

Mudahnya Merawat Burung Kenari Bagi Pemula.Menyadari burung kenari adalah burung yang sensitif terhadap cahaya, hal ini berarti metode yang akan membuat kenari dalam kondisi siap kawin adalah menambah lama sinar ruangan secara bertahap, dimulai sejak 3 bulan sebelum waktu yang diharapkan. Memelihara kenari dengan lama pencahayaan 9 jam per hari selama sebulan, masa ini dimaksudkan sebagai musim salju. Ketika musim salju usai, mulailah dengan menambah 15 menit setiap minggu. Peternak di sana memakai timer dalam menghidupkan dan mematikan lampu ruangan. Janganlah terburu-buru dengan menambah lama pencahayaan, misalnya 30 menit per minggu, walaupun kondisi siap kawin akan datang tetapi hal ini bukanlah ide yang bagus untuk kesehatan burung jangka panjang atau akan didapat telur yang kosong.

Mudahnya Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

Mudahnya Merawat Burung Kenari Bagi Pemula.Ketika lama pencahayaan mencapai 10 jam per hari kenari menjadi lebih aktif dan sibuk. Kenari betina terbang ke sana kemari, sedangkan yang jantan bernyanyi sepenuh hati. Setelah mencapai lama pencahayaan 11 jam per hari, telah tiba bagi kenari betina untuk mulai mencari dan memainkan bahan sarang pertanda telur akan segera tiba, biasanya sebelum lama pencahayaan mencapai 12 jam. Beberapa peternak kenari memerlukan waktu lama pencahayaan lebih lama lagi untuk sampai pada kondisi siap ternak. Biasanya kenari berpostur besar, seperti Yorkshire, Norwich, Lancashire, membutuhkan lama pencahayaan sekitar 14 sampai dengan 15 jam.