Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu Dengan Kawin

Posted on
Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu Dengan Kawin
Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu Dengan Kawin

Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu Dengan Kawin – Para pecinta burung kicau terutama burung lovebird mungkin tidak asing dengan burung yang suka mencabuti bulunya sendiri terutama di bagian dadanya, hal ini dikarenakan burung lovebird B atau over birahi. Bila burung telah memasuki usia diatas 8 bulan dan burung siap bereproduksi bila tidak dijodohkan atau dikawinkan maka burung akan kelebihan brahi sehingga burung akan menyakiti dirinya sendiri dengan mencabuti bulunya sendiri. Apalagi bila burung disemproti atau dimandikan, maka burung akan semakin senang dan mudah mencabuti bulu dadanya. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya lovebird suka cabut bulu segera dikawinkan atau diternak,bisa dikoloni atau dipasang-pasangkan sesuai jodohnya.Disamping bisa menguntugkan bagi pemilik lovebird tersebut juga membantu burung lovebird yang mengalami OB atau over birahi.

Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu

Berikut ini cara mengatasi lovebird suka cabut bulu dengan dikawinkan menurut pengalaman saya selama berkecimpung di dunia burung kicau.

  1. Dikawinkan atau dijodohkan, agar birahi burung lovebird yang memuncak dapat tersalurkan
  2. Kurangi penjemuran , karena penjemuran yang berlebihan juga dapat memicu burung lovebird berprilaku cabut bulu
  3. Jangan dimandikan, karena jika dimandikan burung lovebird akan semakin dengan mudah untuk cabut bulu hal ini semakin memperparah kondisi lovebird yang bersangkutan
  4. Kurangi pemberian kangkung
  5. Berikan mainan berupa kayu bulat yang sedikit empuk biar dibuat mainan hal ini bisa meredam birahi lovebird yang kelewatan

Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu Dengan Kawin  – Saya rasa cukup sekian dulu tulisan pengalaman saya,semoga bisa bermanfaat dan membantu para pecinta burung kicau yang mengalami apa yang pernah saya alami.