Mencetak Bakalan Cucak Ijo Jadi Juara Dengan Terapi Mandi

Posted on

Mencetak Bakalan Cucak Ijo Jadi Juara Dengan Terapi MandiMencetak Bakalan Cucak Ijo Jadi Juara Dengan Terapi Mandi – Mencetak bakalan burung cucak ijo menjadi juara tidaklah susah hanya butuh ketelatenan dan kesabaran dalam merawat harian. Memprospek burung cucak ijo sejak anakan ialah salah satu pilihan beberapa orang untuk lebih mudah membangun karakter dan melatih suara cucak ijo, selain lebih mudah diprospek karena dirawat dari trotolan cucak ijo bakalan juga lebih murah ketika dibeli dari pada kita membeli cucak ijo yang sudah dewasa.Tetapi untuk memelihara cucak ijo dari bakalan memang memerlukan perawatan khusus tidak semudah merawat cucak ijo yang sudah dewasa, apa sajakah yang perlu kita tau sebelum kita memutuskan untuk merawat cucak ijo bakalan mari kita bahas bersama-sama.

Mencetak Bakalan Cucak Ijo Jadi Juara Dengan Terapi Mandi

– Jinak : Jika anda tidak memelihara mereka dari trotolan maka anda akan mendapati burung akan susah jinak, mereka akan sulit berteman dengan manusia maka burung cucak ijo akan kelabakan atau tidak tenang jika didekati manusia. Makanya tahap awal sobat perlu menjinakan mereka dahulu, karena cucak ijo yang sudah jinak lebih gampang diprospek dan lebih cenderung sering berbunyi.

– Pakan : Kalo mereka belum bisa diberikan voer, sebagai burung pemakan buah-buahan berikan meraka pakan pisang kepok dan papaya, kenapa? pisang kepok memiliki kandungan omega 3 29 gram dan papaya memiliki kandungan omega 3 27 gram, omega 3 berfungsi sebagai mempertajam ingatan burung akan suara yang kita masterkan kepada mereka bahkan pada saat mereka masih anakan.

– Faktor umur : Sebenarnya pada saat umur cucak ijo berumur 1 minggu mereka telah belajar untuk mendengar suara-suara yang mereka dengar disekeliling mereka, jadi latih mereka dengan memutar beberapa rekaman audio cucak ijo lain agar mereka terbiasa dan mudah mengingatnya saat dewasa.

Jika umur mereka sudah cukup untuk di berikan pakan serangga berikan mereka juga jangkrik atau ulat hongkong agar cucak ijo dapat sering melatih kicau-kicauan mereka. Pastikan nutrisi mereka terpenuh agar burung sehat dan aktif, karena burung yang sehat dan aktif adalah cikal bakal burung yang sering berbunyi.

– Pembersihan sangkar rutin : Sobat perlu untuk membersihkan sangkar mereka rutin, ini untuk menghindari bintang kecil lain yang dapat mengganggu kesehatan cucak ijo. Misalnya saja hama tungau yang berbahaya terhadap kantung suara burung yang berakibat suara burung serak dan tidak nyaring berbunyi.

– Proses penjemuran dan pengembunan : Rutin mengeluarkan mereka saat pagi-pagi sekali saat cuaca masih berembun mungkin sekitar jam 5 sampai setengah 6 hal ini dipercaya akan membuat suara mereka lebih lantang.
Setelah melalui proses mandi pagi anda jangan langsung menjemur di tengah terik matahari tetapi biarkan diangin-anginkan dahulu di teras yang sejuk, setelah terlihat lebih kering bulu-bulu mereka barulah gantang mereka untuk di jemur.
– Mandi : Rutin memandikan mereka pagi dan sore, lakukan hal ini agar cucak ijo tetap fresh hari demi hari karena pada habitat aslinya burung akan sangat senang ketika melihat sumber air lalu mereka akan mandi. Sobat dapat memandikan mereka dengan sprayer dengan cara disemprot atau dengan metode keramba lalu membiarkan cucak ijo mandi sendiri.

Mencetak Bakalan Cucak Ijo Jadi Juara Dengan Terapi Mandi

 Mencetak Bakalan Cucak Ijo Jadi Juara Dengan Terapi Mandi – Sekian artikel ini semoga dapat membantu sobat semua untuk melatih cucak ijo dirumah bahkan saat mereka masih bakalan.