Manfaat Ramuan Jahe Untuk Stamina Burung Lovebird

Posted on

Manfaat Ramuan Jahe Untuk Stamina Burung LovebirdManfaat Ramuan Jahe Untuk Stamina Burung Lovebird – Manfaat jahe ternyata tidak hanya dirasakan oleh manusia saja, hewan juga bisa merasakanny salah satunya Burung Lovebird. Sebagai pendongkrak untuk stamina burung lovebird banyak para pemilik lovebird terutama burung lovebird lomba memanfaatkan manfaat ramuan jahe untuk stamina burung lovebird.Banyak terdapat racikan pakan burung lovebird dengan jahe sebelum lomba.Sebelum meracik pakan lovebird dengan jahe sebaiknya ketahui terlebih dahulu manfaat dari jahe tersebut. Berikut ini manfaat jahe untuk stamina burung lovebird.

 Manfaat Ramuan Jahe Untuk Stamina Burung Lovebird

1. Jahe Dapat Menghilang Serak pada Lovebird

Jahe mengandung gingerol, minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, filandrena, kurkumen, dan resin pahit. Manfaat jahe untuk Lovebird salah satunya sebagai penghilang serak pada suara Lovebird. Jadi, apabila Lovebird serak, maka tenggorokan yang serak tadi akan diencerkan dahaknya dan kemudian suaranya normal kembali.

Pemberian jahe ke Lovebird bisa dilakukan dengan cara digeprek dahulu. Lalu, direbus sampai airnya mendidih. Setelah mendidih, Anda bisa menambahkan madu murni dan air perasaan jeruk nipis ke ramuan jahe Lovebird. Apabila air rebusan sudah dingin, Anda dapat memberikannya ke Lovebird. Waktu pemberian jahe cukup dua kali dalam seminggu dengan jarak 3 hari sekali.

2. Jahe Dapat Mencegah Lovebird Mabuk di Perjalanan

Perjalanan jauh saat akan menjalani suatu lomba burung memang melelahkan. Terkadang Lovebird mabuk perjalanan karena menempuh jalan yang sangat jauh dan cuaca yang panas atau ada goncangan yang keras. Dengan pemberian jahe, maka mabuk atau regurgitasi Lovebird tidak akan terjadi. Tubuh Lovebird akan senantiasa hangat dan fit selama di perjalanan.

Cara memberikan jahe ke Lovebird dapat dilakukan dengan cara dibakar. Pertama jahe dibakar terlebih dahulu. Setelah matang, lalu jahe digeprek dan diseduh dengan air panas. Tambahkan pula gula merah atau gula jawa pada racikan jahe Lovebird. Setelah air seduhan jahe dingin, Anda bisa memberikan ramuan tersebut ke Lovebird.

3. Jahe Untuk Tambahan Pakan Lovebird

Tidak hanya sebagai jamu tradisional Lovebird, jahe juga dapat dimanfaatkan untuk Pakan Tambahan Untuk Burung Lovebird. Kandungan bergizi pada jahe tentu dapat menyehatkan tubuh Lovebird. Perlu diingat, bahwa serbuk jahe yang dicampur ke pakan Lovebird harus dalam keadaan kering. Anda dapat mengeringkan serbuk jahe di bawah sinar matahari atau disangrai agar keringnya merata.Satu lagi, pemberian pakan yang sudah dicampur serbuk jahe tidak boleh diberikan setiap hari. Cukup sesekali saja, bisa di akhir pekan saat akan menjalani latberan atau lomba.

Cara pembuatan pakan tambahan jahe cukup mudah. Anda dapat menghaluskan jahe sampai menjadi serbuk. Setelah benar-benar halus, campurkan jahe ke pakan burung Lovebird.

4. Jahe Dapat Menghangatkan Tubuh Lovebird

Musim penghujan yang dingin pastinya membuat kesehatan Lovebird menurun. Nah, Anda dapat mengembalikan stamina Lovebird dengan cara menghangat tubuhnya memakai jahe. Dengan begitu, Lovebird tidak akan merasa kedinginan dan mencegahnya dari berbagai macam penyakit. Ramuan jahe tradisional yang paling berkhasiat yaitu dicampur dengan milet.

Bahan-bahan:

1 ruas jahe
Milet secukupnya
Wadah atau panci
Penyaring
Air secukupnya