Manfaat Dan Cara Melakukan Hand Fedding Terhadap Anakan Burung Lovebird

Posted on

Manfaat Dan Cara Melakukan Hand Fedding Terhadap Anakan Burung LovebirdManfaat Dan Cara Melakukan Hand Fedding Terhadap Anakan Burung Lovebird – Sebelum kita masuk dalam topik sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai arti dari hand fedding, istilah hand feeding biasa digunakan dalam dunia penangkaran burung. Hand feeding artinya memberikan makanan anakan burung dengan bantuan tangan manusia (bukan indukan burung). Dengan hand feeding akan diperoleh burung yang jinak dan lebih mudah dalam pemeliharaan.Kali ini kita akan bahas mengenai manfaat dan cara melakukan hand fedding terhadap anakan burung lovebird.Hand Feeding merupakan cara efektif dalam budidaya lovebird,hal ini akan dapat mempercepat proses produksi atau kawin  indukan burung lovebird dalam lagi selain itu tujuan dari proses hand feeding terhadap anakan lovebird antara lain :

  1. Agar anakan lovebird mudah dijinakan
  2. Lovebird dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan dan manusia
  3. Meminimalisir kematian anak lovebird di usia dini (1-10 hari)
  4. Mempercepat siklus produksi dari indukan

Cara Melakukan Hand Fedding Terhadap Anakan Burung Lovebird tidaklah mudah. Ada beberapa cara atau step untuk melakukan proses hand feeding.

1. Proses Melakukan Hand Feeding

Dalam melakukan hand feeding yang dapat membuat cara ternak lovebird agar cepat bertelur, kami membaginya menjadi 3 tahap yaitu peralatan, persiapan dan langkah dalam melakukan hand feeding.

     A. Peralatan yang dibutuhkan dalam proses hand feeding

  • Spuit
  • Karet pentil sepeda
  • Termometer
  • Kotak inkubator atau bisa juga kardus yang di beri alas kain agar anakan merasa nyaman
  • Pakan lovebird

     B. Persiapan dalam melakukan hand feeding lovebird

Siapkan umur anakan lovebird yang tepat untuk hand feeding yakni lovebird yang berumur 2 minggu setelah menetas. Anakan lovebird tidak memiliki umur serempak tergantung urutan menetas.

Kemudian siapkan kotak/ kardus yang diberi alas kain untuk memindahkan anakan dari glodok ke inkubator (kotak/kardus). Pemindahan sebaiknya di lakukan pada pagi hari.

Jangan langsung memberi makan anakan lovebird karena biasanya anakan lovebird sudah di suapi oleh induknya, jadi lebih baik tunggu beberapa saat sampai makanan habis di tembolok.

    C. Langkah melakukan hand feeding :

  • Siapakan tissue atau kain lap
  • Buat adonan pakan dengan suhu hangat dan konsistensi sedikit encer. Tingkat kekentalan semakin bertambah sesuai umur dan perkembangan.
  • Ambil adonan pakan lovebird dengan spuit yang telah di pasang karet pentil pada ujungnya untuk memudahkan pemberian. Berikan minimal 3 jam sekali setiap hari.

2. Jadwal dan pedoman handfeeding yang dapat digunakan.

Umur anakan                                          Waktu                                          Kepekatan Adonan      Kuantitas

2 – 3 minggu     06.30 pagi; 12.00 siang; 06.00 sore; 11.00 malam              Encer                    4 – 6 cc

3 – 4 minggu     06.30 pagi; 12.00 siang; 06.00 sore; 10.00 malam             Encer                    6 – 12 cc

4 – 5 minggu     06.30 pagi; 12.00 siang; 06.00 sore; 10.00 malam             Sedang                  6 – 12 cc