Manfaat Air Garam Agar Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang

Posted on

Manfaat Air Garam Agar Suara Burung Lovebird Ngekek PanjangManfaat Air Garam Agar Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang – Dalam dunia burung kicau Burung Lovebird masih menjadi primadona. Ada bermacam cara yang dilakukan oleh pemilik burung lovebird agar suara burung lovebird ngekek panjang. Salah satunya dengan pemberian air garam meski beberapa waktu lalu, sempat terjadi pro kontra pemberian air garam untuk Lovebird. Sebagian kicau mania mendukung penggunaan garam untuk mendongkrak stamina Lovebird. Namun, sebagian lagi menganggap garam berbahaya untuk Lovebird.Sebelum menjawab fakta tentang manfaat air garam untuk Burung Lovebird, mari kita menengok negara tetangga yang sudah terbiasa memanfaatkan garam dapur untuk burung peliharaan.

Menurut penduduk di Eropa yang hobi memelihara burung, kegunaan garam membantu burung mencukupi kebutuhan mineral di dalam tubuhnya. Seperti diketahui bersama, kandungan sodium atau natrium (Na) dan klorida (Cl) pada garam dapur tak hanya berfungsi sebagai penambah citarasa makanan atau pakan burung, tetapi juga sangat penting dalam mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh, serta melancarkan proses transmisi saraf dan kerja otot.

Manfaat Air Garam Agar Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang

Selain itu, garam memiliki banyak manfaat yang baik untuk Lovebird. Manfaat ini hanya bisa dirasakan jika porsinya pas, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak. Perlu diketahui, pemberian garam ke Lovebird tidak boleh dilakukan setiap hari, melainkan hanya 1-2 kali dalam seminggu. Berikut manfaat garam untuk Lovebird:

1. Garam menjadi sumber mineral yang dibutuhkan Lovebird.
2. Burung Lovebird menjadi lebih aktif, tidak mudah loyo atau lesu.
3. Lovebird menjadi lebih rajin berkicau.
4. Pemberian garam mampu mengobati Lovebird yang selalu lemas atau malas-malasan berkicau.
5. Garam dapat mengatasi masalah kebotakan pada Lovebird.
6. Air garam bisa menambah daya tahan Lovebird terhadap perubahan cuaca.
7. Garam dapat menstabilkan birahi Lovebird.

Cara penyajian atau pemberian garam ke Lovebird yang benar:

1. Penyajian garam ke Lovebird bisa dilakukan dengan cara menambahkan sedikit garam ke dalam pakan biji-bijian Lovebird.

2. Frekuensi pemberian garam cukup 1-2 kali dalam satu minggu dan porsinya sedikit saja.

3. Air garam bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayuran yang akan diberikan ke Lovebird. Selain menghilangkan sisa-sisa pestisida, air garam yang menempel atau sudah meresap pada buah dan sayur akan turut dikonsumsi Lovebird. Proses pencucian menggunakan air garam cukup 5-10 menit saja.

4. Mencampur sedikit garam ke dalam cepuk air minum Lovebird.

5. Mencampur 1 sendok teh garam dengan 1 Kg milet. Caranya, setelah milet dibilas 3 kali, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam milet. Kemudian, tambahkan 1 gelas air minum dan aduk hingga merata.

6. Diamkan 5 menit lalu tiriskan. Setelah itu, milet dijemur sampai kering. Selesai penjemuran, Anda bisa langsung memberikannya ke Lovebird atau disangrai terlebih dahulu.

7. Itu tadi cara pemberian garam ke Lovebird yang benar. Anda juga harus waspada karena jika porsi pemberian salah, maka Lovebird bisa meninggal.

Demikian penjelasan tentang manfaat garam untuk Lovebird lengkap dengan cara pemberiannya. Kami di sini hanya memberikan informasi dampak positif dan negatif pemberian garam ke Lovebird. Selebihnya, hasil dan proses menjadi tanggung jawab Anda sendiri.