Macam Extra Fooding Agar Lovebird Ngekek Panjang

Posted on

Macam Extra Fooding Agar Lovebird Ngekek PanjangMacam Extra Fooding Agar Lovebird Ngekek Panjang – Burung lovebird adalah jenis burung kicau yang memiliki suara yang merdu, tajam dan keras alias ngekek panjang. Karenanya untuk mendapatkan burung lovebird ngekek panjang memerlukan perawatan yang baik dalam hal pakan terbaik untuk lovebird terutama untuk extra fooding. berikut ini racikan pakan lovebird agar ngekek panjang dan perawatan pada burung lovebird, yaitu dengan cara merawat kandang agar selalu bersih, memberi makanan lovebird agar ngekek panjang dengan teratur, serta nutrisi secara rutin dan konsisten. Nah bagi anda Lb mania jika anda ingin memiliki burung Lovebird ngekek panjang dan yang rajin gacor maka sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Extra Fooding Agar Lovebird Ngekek Panjang

1. Perhatikan Pakan

Hal utama yang perlu diperhatikan agar lovebird ngekek panjang dalam hal pakan adalah menu yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D.

Yang termasuk mineral yang diperlukan burung lovebird adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium. Makanan yang sesuai untuk burung lovebird.

  • Bijian Mix.
    Kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya.
  • Sayuran segar.
    Burung lovebird sangat menggemari sayuran segar seperti: Kangkung, Sawi Putih, Jagung Muda dan sayuran lainnya.
  • Asinan.
    Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.
  • Extra Fooding.
    Biji bunga Matahari, biji Fumayin, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan biji Kacang Hijau sangat digemari oleh burung lovebird ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuhnya.

Variasi pemberian sayuran segar dan Extra Fooding kunci keberhasilan dalam perawatan burung lovebird.
– Asinan: harus selalu tersedia di dalam sangkar.
– Pengumbaran: di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
– Vitamin: Berikan multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali .

2. Sangkar

Burung yang sudah didapatkan tentu memerlukan kandang/ sangkar untuk melakukan aktivitas hidupnya. Mengingat kondisi fisik burung lovebird yang memiliki paruh yang bengkok dan sangat kuat, juga dikenal sebagai hewan pengerat maka pembuatan bahan sangkar harus terbuat dari bahan logam atau kawat supaya tidak mudah rusak karena gigitan lovebird, tidak dianjurkan pembuatannya dari bahan timah, kuningan, ataupun seng. Karena bahan-bahan seperti itu akan membuat burung keracunan.

3. Faktor Keturunan

Keturunan memiliki faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas Burung LoveBird yang anda miliki. Jika anda memiliki lovebird dari keturunan yang berkualitas bagus/ petarung maka anda tidak akan susah Membuat Lovebird ngekek panjang.

4. Cara Perawatan

Selain keturunan, sangkar dan pakan, yang harus anda perhatikan lagi adalah perawatan burung harian. Perawatan harian dan setelan harian untuk burung lovebird relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu dengan cara rutin dan konsisten.

Usahakan menjauhkan burung ini dari gangguan-gangguan yang bisa membuat burung ini terancam. Seperti : Kucing, tikus, ayam dan hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan, kesehatan, untuk kelangsungan hidupnya.