Kroto Dapat Menyebabkan Burung Kacer Mbagong

Posted on

Kroto Dapat Menyebabkan Burung Kacer MbagongKroto Dapat Menyebabkan Burung Kacer Mbagong – Kebanyakan dari kita yang sudah lama berkecimpung di dunia burung kacer ini pasti tidak asing mendengar istilah mbagong.Mbagong atau ngudalaut ini berasal dari perilaku kacer yg bergaya seperti kuda laut dengan pose badan tegak, dada dibusungkan dengan bulu yg mekar, ekor lurus ke bawah dan hanya mengeluarkan suara yang monoton cerr cerr yang banyak orang jawa menganggap KC tampak seperti bagong.Banyak faktor penyebab burung kacer mbagong salah satunya over kroto, oleh karena itu sobat mesti tau penyebab kacer dirumah mengalami ini baru lah melakukan terapinya.

Kroto Dapat Menyebabkan Burung Kacer Mbagong

Solusi mengatasi burung kacer mbagong

1. Mental

Biasanya dipengaruhi oleh umur kacer yang masih terlalu muda seperti mental yang masih takut dengan kehadiran manusia, kondisi lain seperti pasca selepas mabung dan burung memang sedang sakit.

2. Sifat bawaan kacer

Jika dari segi bawaan burung kacer memang sudah sering mbagong maka kemungkinan akan cuma ada sedikit harapan, banyak para manstah kacer malah sekalian menjualnya ke pasar karena akan percuma walaupun sudah dipoles.

3. Mbagong karena perawatan

Kelebihan memberikan EF yang mengandung protein tinggi seperti kroto akan berdampak birahi kacer meninggi dan terjadi over birahi, bukan berarti pemberian kroto salah tetapi kadar dari pemberian harus diperhatikan, saran pemberian kroto dapat dilakukan 2 hari sekali agar kacer tetap fit nanti dilapangan dan menghindari kacer mbagong. Alternatif lain sobat dapat memberikan mereka jangkrik lebih banyak sebagai sumber protein hewani, jangkrik mempunyai kandungan yang lebih dingin dari pada kroto sehingga dapat menjernihkan suara power dari kacer itu sendiri.

4. Penggantian sangkar

Kacer akan mbagong ketika mereka tidak nyaman dengan kondisi mereka atau lingkungan mereka maka sangkar bisa jadi penyebabnya, oleh karena itu jika anda telah memiliki sangkar baru dan telah memindahkan kacer anda kesana maka sobat perlu lebih sering pantau mereka, apakah kacer lebih sering mbagong dari sebelumnya setelah dipindahkan? kalo iya kembalikan mereka ke sangkar sebelumnya.

5. Rutin nitas mandi

Banyak dari kita mungkin juga sibuk dengan banyak urusan oleh karena itu tidak dapat rutin memandikan kacer, burung satu ini seperti burung lainya yang sangat nyaman saat dimandikan maka efek jarang mandi akan membuat bulu bulu mereka dimekarkan dan badan ditegakan ke belakang yang disebut mbagong.
Maka solusinya adalah mencari jadwal sesering mungkin untuk memandikan kacer, misalnya saat pagi dan sore, kacer dapat dimandikan satu hari dua kali atau 3 kali sehari.