Jenis Dan Trend Warna Lovebird Termahal 2018 Yang Jadi Primadona

Posted on

Jenis Dan Trend Warna Lovebird Termahal 2018 Yang Jadi PrimadonaJenis Dan Trend Warna Lovebird Termahal 2018 Yang Jadi Primadona – Membahas tentang Burung Lovebird memang tidak ada habisnya, mulai dari jenis dan trend warna lovebird termahal 2018 sampai cara ternak lovebird yang sukses . Namun yang lagi kita bahas sekarang ini tentang jenis dan trend warna lovebird termahal yang jadi primadona. Orang-orang yang melihat warna, cinta orang-orang yang tahu mana warna Lovebird yang bagus dan mana yang biasa-biasa saja. Jadi, meskipun lovebird tidak ngekek panjang dan gacorsekalipun, hal ini tidak menjadi sesuatu yang dianggap sebagai kencantikannya yaitu warna dan jenis Lovebird. Kendati demikian, tidak semua warna Lovebird dianggap bagus. Burung Lovebird dianggap bagus dan indah jika warnanya terbilang kecil dan sulit ditemukan. Sebab, warna Lovebird biasanya sulit dikembangbiakkan dan pasti mahal. Dari alasan alami, banyak orang memburu warna Lovebird yang langka.

Warna Lovebird adalah mahal karena harga per ekor bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ini masih dalam kategori warna Lovebird, belum lagi keturunan Lovebird dan juga jenisnya. Jika ada Lovebird yang warnanya bagus, kemudian berasal dari trah jawara atau keturunan Lovebird juara lomba, jenisnya yang lain, sudah bisa dipastikan harga Lovebird ini sangat mahal dan sempurna. Berikut ini jenis dan trend warna lovebird termahal yang banyak di cari pecinta burung kicau:

Jenis dan Trend Warna Lovebird

1. Lovebird Biola Blue

Lovebird Biola Blue
Lovebird Biola Blue

Harga Lovebird Biola Blue atau Biola Biru yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Lovebird Biola Green atau Biola Hijau. Ya, dari hasil pantauan di grup KLI, harga Lovebird Biola Hijau berada di kisaran Rp 10 juta – Rp 15 juta. Sementara, harga seri Lovebird Biola Blue lebih fantastis, sekitar Rp 40 juta. Bahkan ada satu kicau mania yang menjual Lovebird Biola Blue dengan mahar Rp50 juta nego.

2. Lovebird Biola Euwing

Lovebird Biola Euwing
Lovebird Biola Euwing

Lovebird Biola Euwing merupakan hasil persilangan antara Lovebird Biola dan Lovebird Euwing. Anda bisa membayangkan, jika harga Lovebird Biola saja sudah sangat mahal, apalagi jika Lovebird Biola Euwing, pastinya tidak berbeda jauh mahal. Ya, saat ini harga Lovebird Biola Euwing di pasaran berada di kisaran Rp 13 juta – Rp 17 juta.

3. Lovebird Biola

 Lovebird Biola
 Lovebird Biola

Lovebird Biola jadi primadona di kalangan Lovebird. Selain harganya mahal, Lovebird Biola cukup murah karena sulit menghasilkan anakan Lovebird Biola. Kalau di pasaran, harga Lovebird Biola muda bisa mencapai Rp 8 juta – Rp 9 juta. Untuk Lovebird Biola dewasa lebih mahal lagi, bahkan ada Lovebird Biola yang sampai dibanderol dengan harga Rp 22 juta.

4. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue
Lovebird Parblue

Lovebird Parblue pertama kali ditemukan pada tahun 2001 oleh Felix del Valle dari Amerika Serikat. Lovebird Parblue memiliki nama lain Yellow Face karena pada bagian muka dan lehernya berwarna kuning keputihan.

Warna kuningnya tidak seperti warna kuning milik Lovebird Lutino. Kalau Lovebird Lutino warna kepala dan lehernya dengan warna merah. Namun, ada juga yang seperti hitam Lovebird Parblue Perso.

Untuk harga, Lovebird Parblue dibanderol sekitar Rp 10 juta. Jika mau lebih mahal, Anda bisa menyilangkan Lovebird Parblue dengan Lovebird Biola agar menghasilkan Lovebird Biola Parblue seharga Rp 30 juta. Kalau di pasar burung, ada juga penjual yang menjual anakan Lovebird Parblue seharga Rp 2,5 juta – Rp 3,5 juta.

5. Lovebird Blorok

Lovebird Blorok
Lovebird Blorok

Lovebird Blorok juga termasuk salah satu jenis Lovebird yang unik. Sebab, warna bulunya tidak selalu memiliki warna dominan tertentu. Warna bulu Lovebird Blorok biasanya berwarna merah putih dengan warna yang lain. Beberapa jenis Lovebird Blorok adalah Lovebird Parblue Blorok dan Lovebird Merah Blorok. Lovebird jenis ini sangat mudah dikenali karena warnanya terlihat seperti gradasi dari warna-warna yang lain.

Untuk menghasilkan warna Lovebird Blorok, Anda harus menyilangkan jenis Lovebird yang berbeda. Misalnya, menyilangkan Lovebird Lutino dengan Lovebird Dakori. Nantinya, mungkin anakan Lovebird yang muncul adalah Lovebird Blorok hijau atau Lovebird Green Series. Harga Lovebird Blorok sendiri mulai dari Rp 1 juta – Rp 2 juta. Kalau Lovebird Blorok dewasa, mungkin harganya lebih tinggi lagi.

6. Batman Lovebird

Batman Lovebird
Batman Lovebird

Konon mengatakan, Lovebird Batman sangat sulit diternak jika induknya tidak ada yang berwarna hitam Batman. Warna Lovebird hitam Batman juga termasuk hasil mutasi warna yang baru. Bicara tentang harga, Lovebird Batman yang sudah dewasa dijual sekitar Rp 900 ribu – Rp 1,3 juta. Jika Anda ingin membaca Lovebird Batman yang mudah dan murah, Anda tinggal membeli Lovebird Batman jantan kemudian dikawinkan dengan Lovebird warna lainnya.

Namun, sekarang harga Lovebird Batman menggunakan penurunan. Soalnya, di beberapa pasar burung, ada yang menjual Lovebird Batman sekitar Rp 300 ribu – Rp 700 ribu.

7. Lovebird Albino

Lovebird Albino
Lovebird Albino

Mungkin beberapa dari Anda, ada yang pernah melihat Jenis Lovebird yang secara keseluruhan berwarna putih? Ya Lovebird dengan warna bulu putih polos ini sering disebut Lovebird Albino. Lovebird Albino cukup bagus di Indonesia, tetapi harganya tidak semahal Lovebird Merah. Kalau harga Lovebird Merah mencapai Rp 1 jutaan masih muda, maka harga Lovebird Albino hanya Rp 700 ribuan saja.

Meski begitu, Lovebird Albino terbagi menjadi dua, yaitu Lovebird Albino mata hitam dan Lovebird Albino mata merah. Untuk Lovebird Albino mata hitam dibanderol seharga Rp 500 ribu – Rp 750 ribu, sementara Lovebird Albino mata merahihir Rp 500 ribu – Rp 1 juta.

8. Lovebird Violet

 Lovebird Violet
Lovebird Violet

Lovebird Violet adalah jenis Lovebird yang mengubah warna biru normal di area sponge menjadi warna violet. Lovebird Violet memiliki faktor (penurunan sifat) tunggal (SF) dan Double (Double). Untuk mewarnai mutasi warna Lovebird Violet, salah satu indukan harus jenis Lovebird Violet, baik itu jantan maupun betina.

Ciri-ciri Lovebird Violet memiliki warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut Violet. Warna bulu ini terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan, di bagian perut Lovebird berwarna putih, paruh dominan hitam, dan paruh putih pucat atau oranye tua.

Tak hanya itu, Lovebird Violet memiliki varian warna lain yang dinamakan Lovebird Pastel Violet. Warna rambut jenis Lovebird ini dominan putih tapi ada warna pastel violet di bagian punggung dan sayapnya. Harga Lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu, tergantung daerah dan usianya. Untuk tahun 2017, harga Lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 600 ribu.

9. Lovebird Lutino

Lovebird Lutino
Lovebird Lutino

Lovebird Lutino dikenal memiliki warna bulu dominan kuning dan merah. Biasanya, bagian kepala berwarna kuning, sementara bagian kepala berwarna oranye. Burung ini termasuk juga nilai jual karena warnanya yang cerah.

Lovebird Lutino berusia 2 – 3 bulan dijual seharga Rp 400 ribu, sementara Lovebird Lutino 5 – 6 bulan bisa mencapai Rp 700 ribu. Lovebird ini juga sering diikutkan lomba, terutama lomba kecantikan warna dan kicauan. Di tahun 2017, ada peningkatan harga Lovebird Lutino, terutama Lovebird Lutino mata hitam dan Lovebird Lutino mata merah. Harga Lovebird Lutino mata hitam mulai dari Rp 350 ribu – Rp 700 ribu. Sementara harga Lovebird Lutino mata merah sekitar Rp 550 ribu – Rp 850 ribu.

Jenis Lovebird Lutino sendiri cukup beragam, seperti Lovebird Lutino Golden Cherry (warna kuning, mata gelap), Lovebird Lutino Albino (warna putih, mata merah), Lovebird Lutino (warna kuning mata merah), Lovebird Cinnamon (kecokelatan), dan Lovebird Pied ( Bercak-bercak atau blorok).

Untuk mengecek Lovebird Lutino, paling gampang dengan mengawinkan Lovebird pejantan hijau normal dengan Lovebird Lutino betina. Biasanya, kombinasi Lovebird ini akan membutuhkan anakan Lovebird Lutino dengan tingkat akurasi 60 persen pada generasi pertama.

10. Lovebird Olive

Lovebird Olive
Lovebird Olive

Lovebird Olive merupakan salah satu dari tiga jenis Lovebird berwarna hijau. Lovebird warna hijau ada tiga jenis, diolok Hijau Standar atau WildColour, Dark Green (Hijau Tua), dan Double Dark Green (DD Green) atau biasa disebut Olive. Jadi, jika Anda menjumpai Lovebird dengan warna hijau yang sangat tua, sudah pasti itu adalah Lovebird Olive. Bagian ini tidak menyelimuti seluruh tubuh, hanya bagian dada, punggung, hingga ujung ekor saja. Untuk penjualan sendiri, biasanya berwarna oranye, kuning, dan merah muda.

Harga Lovebird Olive di pasaran mencapai Rp 300 ribu – Rp 600 ribu. Harganya tergantung dari Lovebird Olive. Kalau masih anakan harga Lovebird Olive lebih murah, tapi kalau sudah dewasa, harganya lebih mahal.

11. Kobalt Lovebird

Kobalt Lovebird
Kobalt Lovebird

Lovebird Cobalt lebih dikenal masyarakat Indonesia dibandingkan jenis Lovebird lain Karena varian warnanya banyak. Ciri jenis utama Lovebird Cobalt yang hampir secara keseluruhan bagian badan berwarna biru (telur asin), kecuali bagian kepala sampai leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung Lovebird yang mirip dengan Cobalt, yaitu Lovebird Biru-Violet.

Jenis Lovebird Biru-Violet sama-sama memiliki bulu berwarna biru, hanya saja bagian dari warna yang lengkap dengan kacamata yang indah. Kemudian bagian leher dan dada biasanya putih. Untuk harga Lovebird Cobalt, kicau mania menjualnya di kisaran harga Rp 450 ribu – Rp 750 ribu.

12. Pastel Lovebird

Pastel Lovebird
Pastel Lovebird

Lovebird Pastel sering kali menjadi incaran para penggemar Lovebird di Indonesia. Pasalnya, warna bulunya cenderung lebih kalem atau lembut jika dibandingkan dengan yang lain. Bila ada warna Lovebird itu hijau tua dan kuning, maka Lovebird Pastel akan tampil dengan warna hijau muda dan kuning muda. Meski begitu, ada Lovebird yang warnanya lebih muda dari Pastel, yaitu Encer.

Lovebird jenis Encer sering disebut dengan Lovebird yang memiliki warna bulu yang telah mencair. Nah, Lovebird Pastel yang paling umum dijumpai di Indonesia antara lain, Lovebird Pastel Ijo (Pasjo), Lovebird Pastel Kuning (Paskun), Lovebird Pastel Biru (Pasblue) dan Lovebird Pastel Putih (Pasput).

Harga Lovebird Pastel berada dikisaran Rp 350 ribu – Rp 550 ribu. Namun, di tahun 2017 terjadi penurunan harga Lovebird Pastel menjadi Rp 250 ribu – Rp 400 ribu.

13. Kepala Lovebird Elang atau Kepala Sable Lovebird

Kepala Elang Lovebird
Kepala Elang Lovebird

Lovebird Kepala Elang termasuk jenis Lovebird yang sulit dicetak, Biasanya Lovebird Kepala Elang atau Lovebird Sable Head in dari Lovebird Violet yang mengunjungi mutasi warna putih pada saat. Kepala Lovebird Elang termasuk dalam keluarga Lovebird Fischeri. Lovebird ini lebih populer disebut Sable yang tidak Lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih.

Harganya pun lebih tinggi dibandingkan dengan Lovebird violet. Beberapa waktu kemudian, harga tengah Lovebird Sable Head atau Kepala Elang berada di kisaran Rp 1,5 juta – Rp 2 juta.

Demikian beberapa jenis warna Lovebird termahal dan paling dicari kicau mania di Indonesia. Ada beberapa jenis Lovebird yang mahal tidak terlalu mahal, tapi banyak Lovebird mania yang memburunya untuk dijadikan indukan warna Lovebird.

Intinya, tersedia jenis-jenis Lovebird tersebut, maka harganya semakin mahal. Banyak orang-orang dari berbagai kicau mania bisa mencetak jenis Lovebird (misalnya Lovebird Josan), pasti harganya lebih murah.