Jenis Dan Harga Burung Lovebird Berdasarkan Warnanya

Posted on

 

Jenis Dan Harga Burung Lovebird Berdasarkan Warnanya – Burung lovebird kalau diartikan merupakan burung cinta dimana burung lovebird ini sangat setia dengan pasangannya sampai maut memisahkan. Burung lovebird ini adalah burung koloni yang biasa hidup bergerombol di alam liarnya. Burung lovebird banyak dipelihara para kicau mania biasanya karena suaranya yang unik dan warnanya yang indah. Atau bisa juga menggunakan suara lovebird untuk memaster burung yang dimilikinya. Yang unik dari suara lovebird adalah suara ngekek lovebird. Ngekek adalah suara seperti orang ketawa yang bisa dikeluarkan lovebird. Para penggemar burung ini akan bangga tentunya apalagi suara ngekek lovebird panjang sekali.Ada beberapa jenis burung lovebird yang dibedakan berdasarkan kriteria tertentu. Ada yang dibedakan berdasarkan warna bulu, dan ciri tertentu. Berikut jenis lovebird yang bisa saya dapatkan untuk teman-teman kicau semua.

Jenis Dan Harga Burung Lovebird Berdasarkan Warnanya
Jenis burung lovebird
Jenis lovebird sangat banyak sekali apalagi jika hasil silangan antara lovebird juga ikut dihitung. Berikut jenis lovebird berdasarkan ilmu taksonomi.

1. Lovebird Agapornis Personata

Lovebird ini juga biasa dipanggil “Masked lovebird” atau bahasa indonesianya lovebird muka topeng. Dinamakan muka topeng karena mempunyai warna hitam sedikit kecoklatan pada mukanya yang menyerupai topeng. Burung ini mempunyai wilayah penyebaran sekitar Tanzania.

Agapornis personata
Agapornis personata

2. Lovebird Agapornis Roseicollis

Lovebird ini biasa dipanggil “Peachfaced” atau “muka salem”. Konon burung ini adalah jenis lovebird yang pertama kali didomestikasi. Tidak aneh banyak sekali varian dari jenis lovebird ini yang banyak tersebar hasil dibudidayakan. Lovebird jenis ini penyebarannya di sekitar barat daya Afrika. Yang unik dari burung ini yaitu konon warnanya bisa mencapai 100.000 kombinasi.

Lovebird Agapornis Roseicollis
Lovebird Agapornis Roseicollis

3. Lovebird Agapornis Lilianae

Lovebird ini biasa di panggil “Nyasa lovebird”. Burung ini didominasi oleh warna kuning dan hijau cerah diseluruh tubuhnya. Bagian kepala berwarna kuning dan badan berwarna hijau. Penyebarannya meliputi wilayah Tanzania, Malawi dan Mozambik.

Lovebird Agapornis Lilianae
Lovebird Agapornis Lilianae

4. Lovebird Agapornis Fischeri

Warna jenis fischeri agak mirip dengan jenis nyasa. Yaitu didominasi dengan warna hijau dan kuning. Perbedaan terdapat pada bagian muka yaitu warna merah di mukanya. terdapat juga warna yang unik dari jenis lovebird ini yaitu warna biru dan albino yang tentu lovebird jarang ditemui. Wilayah penyebarannya di wilayah Tanzania.

Lovebird Agapornis fischeri
Lovebird Agapornis fischeri

5. Lovebird Agapornis Nigrigenis

atau biasa dipanggil “Black-cheeked lovebird” atau lovebird pipi hitam. Dominasi warna hijau pada burung jenis ini sangat terlihat, terutama pada bagian bawah (dada sampai perut). Bagian pipi dan muka sedikit hitam kecoklatan. Jenis ini juga mempunyai warna mutasi hitam dan biru.

Lovebird Agapornis nigrigenis
Lovebird Agapornis nigrigenis

6. Lovebird Agapornis Cana

biasa dikenal dengan “Madagascar lovebird”. Sesuai dengan namanya burung ini berasal dari madagaskar dan memiliki tubuh yang relatif kecil mungil. Burung jenis ini sudah sangat jarang ditemui sehingga banyak ditangkarkan untuk melanjutkan kelestarian jenisnya. Warna burung ini didominasi warna hijau dengan gradasi abu-abu dari tengah sampai kepalanya sedangkan warna betina tidak terdapat gradasi abu-abu padanya.

Lovebird Agapornis Cana
Lovebird Agapornis Cana

7. Lovebird Agapornis Pullaria

biasa di panggil “Redfaced lovebird” atau indonesianya lovebird muka merah. Lovebird ini memang bermuka merah sesuai dengan namanya. Betina memiliki muka merah yang lebih pucat biasanya berwarna oranye. Konon burung ini sulit untuk di kembangbiakkan.

 

9. Agapornis Swindernia, biasa dikenal dengan sebutan “Black-collared lovebird” atau lovebird kerah hitam. Dinamakan kerah hitam karena pada leher burung ini terdapat warna hitam melingkar seperti kerah. Warna tubuhnya hijau kekuningan. Penyebarannya di sekitar Afrika Tengah dan Afrika Barat. Burung ini termasuk jenis lovebird yang sulit dikembang biakkan.

Jenis-lovebird-Black-collared-lovebird
Gambar via http://www.escaparatedemascotas.com/
Foto diatas bersumber dari wikipedia.org

Diatas tadi adalah jenis lovebird berdasarkan taksonomi, secara secara populer di indonesia membedakan jenis lovebird secara garis besar menjadi dua yaitu lovebird non klep (kacamata) dan lovebird klep (kacamata). Klep atau kacamata adalah bagian yang terdapat di sekitar mata (bagian kelopak mata). Lovebird klep memiliki kelopak atau bagian sekitar mata yang tebal sedangkan love bird non klep tipis hampir tidak terlihat. Lovebird non klep biasanya banyak dicari karena kecenderungan suara kicaunya yang lebih gacor dan panjang-panjang. Jenis burung lovebird yang termasuk ke dalam lovebird berkacamata adalah lain Fischeri, Personata, Liliana dan Nigrigenis. Sisanya dikelompokkan ke dalam lovebird non-klep (kacamata).

Burung lovebird non-klep biasanya tidak dinamai berdasarkan kekhasan warna-warni tubuhnya. Karena hasil silangan dari lovebird non-kacamata sangat banyak macamnya. Penamaan berikut hanya berdasarkan panggilan secara umumnya saja. Sebutan lovebird berdasarkan warnanya itu sangat banyak sekali, bahkan bisa jadi ada warna baru yang keluar karena banyaknya persilangan lovebird. Penamaan warna pada lovebird ini biasanya disebutkan dari warna dominan. Berikut ini sebagian penamaan lovebird yang bisa di tampilkan berdasarkan berdasarkan warnanya.

Lutino Mata Merah, Lutino Mata Hitam, albino, cobalt (biru tua), dark green, Pastel ijo, pala hitam, violet, olive, pastel putih, pala hitam putih, pastel kuning, Pied (green, dominint, mauve), pastel (green).

Harga Lovebird
Harga lovebird tahun ini (2014-2015) diperkirakan menurun. Diakibatkan karena jumlah dipasar meningkat sehingga harga anjlok. Di Indonesia, jenis lovebird berkacamata biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan lovebird non-kacamata. Pasaran harga lovebird dipasaran dan di forum yang saya survei sekitar 300 ribu keatas.