Cara Sukses Menjodohkan Burung Lovebird

Posted on

Cara Sukses Menjodohkan Burung Lovebird

Cara Sukses Menjodohkan Burung LovebirdCara Sukses Menjodohkan Burung Lovebird – Burung lovebird mempunyai arti burung cinta mengapa demikian karena burung lovebird akan setia sama pasangannya sampai mati dan apabila dipisahkan butuh waktu lama untuk bisa lupa pada pasangannya. Sebelum menjodohkan lovebird yang harus diperhatikan ialah burung lovebird yang sudah matang reproduksinya dan siap berkembang biak adalah sekitar 8 bulan keatas, rekomendasi umur 1 tahunan baik jantan maupun betinanya.Untuk itu sebelum kita menjodohkan burung lovebird perhatikan dulu cara membedakan lovebird jantan dan betina disini.

Cara Sukses Menjodohkan Burung Lovebird

Bagi anda yang ingin menjodohkan lovebird hanya sepasang jantan dan betina lovebird teknis yang bisa dilakukan adalah:

1. Pilih lovebird betina dan jantan

yang muda (remaja) lebih baik lagi, jika sudah matang juga tidak masalah.

2. Jika masih muda bisa langsung disatukan kedalam 1 kandang yang sama, biarkan sampai mengenal

Jika sudah dewasa terlebih dahulu pisahkan kedalam kandang yang berbeda. Perkenalkan lovebird dewasa dengan menempelkan kandang dan biarkan saling melihat terlebih dahulu. Jika sudah terlihat akrab bisa disatukan dalam satu kandang.

3. Jika sudah saling bercumbu adu paruh atau menyisir rambut biasanya sudah jodoh.

Lovebird adalah burung yang dikenal sebagai burung pemilih, apalagi jika sudah dewasa. Kadang jika tidak suka maka tidak mau jodoh. Makanya kebanyakan pecinta lovebird langsung menjodohkan lovebird mereka dari umur remaja bahkan anakan agar saat dewasa langsung berjodoh.

Cara Menjodohkan lovebird dalam kelompok

Dan secara alamiah mereka adalah burung koloni yang hidup berpasangan dalam kelompok. Intinya siapkan kandang yang cukup besar, gupon lovebird, dan beberapa lovebird (misal 4 jantan dan 4 betina), teknisnya.

1. Siapkan beberapa ekor lovebird jantan dan beberapa ekor betina, jangan sampai jumlah jantan melebihi jumlah betina, lebih baik betina yang lebih banyak atau pas sepasang-sepasang. Lebih baik umur yang sudah siap kawin.

2. Siapkan gupon, kandang, sarang lovebird biasanya banyak dijual di toko burung. Susun dengan jarak yang kira-kira aman. Jumlah gupon harus pas atau melebihi jumlah pasangan lovebird.

3. Masukkan semua lovebird kedalam kandang besar, tunggulah sampai mereka saling berpasangan satu sama lainnya.

Cara Sukses Menjodohkan Burung Lovebird. Langkah selanjutnya adalah mengawinkan lovebird, proses ini cukup ditunggu saja, jika sudah jodoh insya allah lovebird akan kawin dan mulai bertelur. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan sarana, pakan, dan perawatan yang benar agar lovebird merasa nyaman. Lovebird akan bertelur sebanyak 1-4 butir atau bisa juga lebih. Proses mengeram biasanya sekitar 21 harian,kurang lebih 3 minggu. Jaga selalu makanan lovebird terlebih jika sudah mempunyai anakan.
cara-menjodohkan-lovebird