Harga Fantastis Burung Murai Batu Milik Presiden Joko Widodo

Posted on

Harga Fantastis Burung Murai Batu Milik Presiden Joko WidodoHarga Fantastis Burung Murai Batu Milik Presiden Joko Widodo – Siapa yang tidak kenal dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ya orang pertama di negara ini ternyata penggemar burung murai batu.Mulai dari yang harganya biasa saja hingga yg mahal.Harga Fantastis Burung Murai Batu Milik Presiden Joko Widodo kemaren turut ambil bagian dalam kompetisi burung berkicau yang digelar di Kebun Raya Bogor. Burung Murai Batu Presiden Jokowi yang ikut kompetisi tersebut merupakan jenis murai batu medan. Meski tak berhasil kompetisi, burung murai batu milik presiden joko widodo disebut memiliki harga yang tinggi‎. Lantas berapa harga burung murai batu milik mantan Gubernur DKI Jakarta ini?

Ketua Bidang Penangkaran BnR Joko TJM mengatakan,burung murai batu medan memang jenis burung yang umum diperlombakan dalam kompetisi antarpencinta hewan berdarah panas tersebut.namun sayangnya burung murai batu milik presiden joko widodo kalah dalam kompetisi.Burung murai batu ini memang masuk kelas bergengsi untuk kicauannya.Lantaran masuk kelas bergengsi, burung jenis ini memiliki harga fantastis. Bahkan untuk burung murai batu yang rutin memenangkan kompetisi bisa bernilai hingga Rp 800 juta.

Meski bagi sebagian orang, harga tersebut tidak wajar, di antara pencinta burung, sebenarnya harga puluhan hingga ratusan juta rupiah ini dianggap wajar. Sebab, dalam sebuah kompetisi, semua aspek dinilai dan yang terbaik yang bisa keluar sebagai pemenang.Aspek yang dinilai seperti durasi bunyi, bunyi dengan rapi dan saat berkicau dia main ekor. Kemudian irama, volume bunyi. Fisiknya juga harus utuh, seperti ekornya tidak boleh putus atau pendek.

Tips Merawat Burung Murai Batu Agar Sering Berkicau

Kalau kamu sudah tahu caranya, pastinya sudah tidak akan kesulitan lagi merawat burung murai batu ini.

1. Penjemuran

Pagi hari saat matahari mulai terbit, burung diangin-anginkan di tempat yang teduh selama 30 menit sebelum dimandikan. Ini bertujuan agar burung tidak kaget dan bisa beradaptasi dengan lingkungan terlebih dahulu.Pada sore hari diangin-anginkan kembali dan diberi jangkrik 2-3 ekor.

2. Dimandikan

Setelah dianginkan, burung dimandikan. Bisa dimandikan di keramba maupun disemprot tergantung kamu sendiri. Setelah mandi, jemur selama 1-2 jam sekitar pukul 8-11. Dan saat dijemur jangan sampai burung murai melihat burung sejenis.

3. Bersihkan kandang.

Ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung murai batu dari serangan penyakit dan serangga yang menyebabkan burung stress bahkan kematian.

4. Ganti air minum dan pakan secara teratur

Hal ini untuk menjaga stamina dan daya tahan burung murai batu agar tetap fit. Berikan 4-5 jangkrik ke dalam cepuk EF.Jangan berikan jangkrik secara langsung dari tangan karena bisa membuat burung murai manja dan kurang ganas saat bertarung di perlombaan. Pemberian kroto dianjurkan satu minggu sekali, satu ekor cacing juga dianjurkan diberikan satu minggu sekali, berikan multivitamin 2-3 kali dalam seminggu yang dicampur dalam air minum.

5. Pemasteran

Dalam pemasteran burung harus dalam kondisi tertutup tirai/kerodong. Pemasteran dilakukan 10-15 menit.Pada jam 18.00 WIB, burung kembali ditutup tirai atau kerodong. Dan melakukan rutinitas di hari selanjutnya.