Formula Ampuh Mengatasi burung Cucak Ijo Mabung

Posted on

Formula Ampuh Mengatasi burung Cucak Ijo MabungFormula Ampuh Mengatasi burung Cucak Ijo Mabung – Burung mabung merupakan fase yang yang pasti dialami oleh segala macam burung kicau. Pasti hampir dari kita semua yang telah lama memelihara burung atau pemain baru telah merasakan di mana fase burung mabung atau bahasa keren nya moulting, mabung biasanya terjadi satu tahun satu kali atau setahun dua kali tergantung dari kondisi burung itu sendiri.Untuk semua burung termasuk burung cucak ijo, burung mabung adalah saatnya burung beristirahat, karena saat mabung cucak ijo akan banyak mengeluarkan energi untuk pada proses perontokan, ngurak sampai fase nyulam.

Bulu untuk sebagaian burung termasuk cucak ijo adalah lambang jati diri, dimana bulu bisa dijadikan pemikat antara jantan dan betina atau sang jantan merasa bisa bersaing dengan pejantan lain dengan memiliki bulu yang bagus. Oleh karena itu pada saat mabung secara pysikologis sang jantan akan seperti minder, jadi baiknya kita tak perlu memaksakan mereka untuk tetap beraktifitas untuk berbunyi atau tetap dipersiapkan untuk mengikuti lomba.

Walaupun kita sering dengar beberapa pemain cucak ijo tetap melatih mereka bahkan saat kondisi cucak ijo mabung dan cucak ijo tetap dalam performa terbaiknya, penulis tetap tidak menyarankan hal tersebut. Lalu bagaimana cara agar cucak ijo dapat mengatasi proses mabung dengan cepat? mari kita baca beberapa tips praktis dibawah ini.

Formula Ampuh Mengatasi burung Cucak Ijo Mabung

1. Bagus jika kita mengerodong full sangkar cucak ijo, selain untuk menghindari cahaya matahari, pengerodongan juga membuat burung cucak ijo beristirahat total dan mencegah mereka stress.
2. Cucak ijo membutuhkan pakan yang mengandung protein keratin pada saat mabung, mereka membutuhkan pakan seperti kuning telur puyuh yang mengandung 23% protein keratin dan juga mengandung biotin yang mempercepat penumbuhan bulu. Boleh juga cucak ijo diberikan jangkrik atau ulat hongkong dengan takaran yang tepat, kurangi pemberian jangkrik dan ulat hongkong jika malah membuat cucak ijo ngoceh mulu.

3. Jangan jemur mereka atau di angin angin kan ditempat yang lansung bertemu dengan cahaya matahari, karena saat mabung cucak ijo tidak membutuhkan sinar cahaya matahari langsung bagi tubuhnya.

4. Pada saat cucak ijo mengalami proses mabung atau perontokan bulu sebaiknya kita jangan memandikan mereka karena memandikan mereka malah menghambat proses perontokan bulu, lakukan pemandian saat mereka mengalami proses nyulam atau penumbuhan bulu.

 Formula Ampuh Mengatasi burung Cucak Ijo Mabung

Formula Ampuh Mengatasi burung Cucak Ijo Mabung – Sekian artikel ini dibuat, kesimpulanya perawatan burung akan berbeda saat kondisi-kondisi tertentu termasuk pada saat burung mabung, perubahan pola perawatan harian akan mengikuti kondisi burung tersebut juga. Maka membiarkan burung istirahat total saat mabung adalah metode yang disarankan.