Faktor Penyebab Burung Kenari Yang Malas Bunyi

Posted on

Faktor Penyebab Burung Kenari Yang Malas BunyiFaktor Penyebab Burung Kenari Yang Malas Bunyi – Burung kenari memiliki ukuran tubuh kecil mungil dengan bulu yang indah sehingga banyak orang yang merawatnya. Melihat kenari ngoceh mulu memang menjadi tujuan pencinta kenari pada awal mereka membeli bahan atau kenari yang sudah berprospek, tetapi terkadang mereka akan menemui kenari diam tak berdaya tidak seperti biasanya. Bagi mereka yang membeli secara bahan mungkin ini bukan masalah, tapi ini akan menjadi masalah besar ketika burung kenari yang baru saja kita beli dengan harga tinggi dengan espektasi kenari itu gacor lalu diam entah kenapa penyebabnya. Sebenarnya banyak faktor yang membuat kenari tiba-tiba macet bunyi seperti itu, mulai dari apa yang mereka rasakan dalam tubuhnya sampai kepada perawatan yang buruk dari pemiliknya. Mari kita bahas bersama dibawah ini beberapa faktor penyebab yang memungkinkan kenari tiba-tiba macet bunyi.

Faktor Penyebab Burung Kenari Yang Malas Bunyi

1. Kenari kegemukan
Hampir semua burung akan malas berkicau ketika badan mereka terasa seperti kegemukan, ini bisa dikarenakan pemberian pakan yang mengandung karbohidrat seperti canary seed yang berlebihan dengan tidak di imbangi dengan pakan diet seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Tips mengatasi: berikan mereka pakan kenari dengan banyak komposisinya, banyak merk menawarkan komposisi pakan kenari yang bervarian mulai dari komposisi bijian atau buah-buahan yang sudah diekstrak.

2. Stress
Faktor berikutnya adalah karena kenari mengalami stress ini bisa terjadi karena lingkungan kandang berisik, kenari tidak nyaman dengan kondisi sangkar yang baru, atau sangkar kenari terjatuh yang membuat kenari stress berkepanjangan atau karena faktor memulihkan kondisi kenari setelah masa mabung.

Tips mengatasi: banyak orang dalam mengahadapi kenari yang stress mereka menggunakan beberapa ramuan tertentu untuk mengatasinya, misalnya memberikan kenari air rebusan daun naga atau memberikan kenari daun gingseng untuk membuat kenari kembali relax.

3. Sakit

Ini adalah alasan umum kenapa kenari tiba-tiba tidak mengeluarkan kemampuanya berkicau, karena kenari membutuhkan tenaga ekstra saat berkicau dan ketika ia sakit mereka akan malas bernyayi seperti biasanya.
Penyakit yang banyak di alami oleh burung kenari diantaranya adalah penyakit tenggorakan atau gondok ini bisa diakibatkan karena kondisi tenggorakan memang sedang buruk atau karena dampak infeksi hewan kecil. Bisa jadi lagi karena penyakit psittacostis penyakit ini seperti “muntahber” kalo di manusia kenari akan mencret, lemah, dan terlihat ada cairan lendir di hidung dan mulutnya.
Satu lagi penyakit yang membuat kenari macet bunyi ialah saat kita lupa mengerodong pada malam hari dan kenari menjadi “masuk angin” karena angin malam yang masuk pori-pori kulit akan merusak kotak suara pada kenari.
Tips mengatasi: Berikan pakan bernutrisi tinggi, ini dapat bersumber dari pakan yang berkualitas bukan pakan dengan biji-bijian standard jadi pada masa sakit anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli pakan dengan kualitas baik, atau jika perlu beri mereka vitamin burung agar kondisi dan daya tahan tubuh mereka baik kembali.