Faktor Pembentuk Anakan Lovebird Berkualitas

Posted on

Faktor Pembentuk Anakan Lovebird BerkualitasFaktor Pembentuk Anakan Lovebird Berkualitas – Merawat anakan lovebird berkualitas memerlukan pelatihan dan pemasteran untuk mencapai performa suara burung lovebird untuk lomba. Tetapi harus disadari, ini bukan perkara mudah, karena melibatkan dua faktor yang berkaitan. Di dalam ilmu perunggasan, termasuk burung, selalu ada dua faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor genetik atau keturunan dan faktor lingkungan.

Faktor Pembentuk Anakan Lovebird Berkualitas

  1. Faktor Genetik atau Keturunan

Untuk melihat faktor genetik secara utuh, kita hanya bisa melihat faktor genetik seekor burung dari penampilan luarnya, atau fenotipnya, seperti warna bulu, kualitas suara, dan sejenisnya. Memprediksi kualitas genetik dari anakan lovebird, misalnya, hanya bisa dilakukan jika kita membelinya dari penangkaran. Setidaknya, kita bisa melihat performa kedua induknya saat di penangkaran, terutama performa suaranya.

       2. Faktor Lingkungan

Adapun faktor lingkungan mencakup aspek perkandangan, manajemen kesehatan, manajemen pakan, suhu atau cuaca, hingga perawatan termasuk latihan dan pemasteran. Menurut pengalaman para pecinta lovebird, faktor genetik hanya berperan sekitar 30% terhadap performa burung. Selebihnya ditentukan faktor lingkungan, terutama pakan lovebird berkualitas dan pola perawatan harian lovebird.

       3. Faktor Pola Perawatan

Pakan berkualitas dan pola perawatan yang baik akan memberikan dampak lebih dahsyat jika diterapkan pada lovebird sejak anakan, atau setidaknya masih muda (1-3 bulan). Itu sebabnya, latihan dan pemasteran lovebird pun menjadi lebih joss jika dilakukan pada anakan burung lovebird umur 4 minggu, karena akan terekam lebih kuat dalam memori burung. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan pemasteran terhadap lovebird muda, dengan menempelkan sangkar di dekat burung masteran yang mempunyai suara dengan speed rapat misalnya cucak jenggot, cililin atau serindit. Bisa juga menggunakan CD masteran, atau mp3 player berisi rekaman suara burung-burung yang memiliki tipikal suara dengan speed rapat tersebut. Lakukan secara rutin, setiap hari.

        4. Faktor Pemberian Pakan

Pemberian pakan dan multivitamin berkualitas, disertai dengan perawatan wajib lainnya seperti mandi dan jemur, sebagai kunci yang tak bisa ditinggalkan jika ingin mengharapkan burung lovebird lebih fighter, daya tahan tubuh kuat, dan mentalnya tidak mudah drop. Jagung muda, misalnya, terbukti kerap mengantar sejumlah lovebird menjuarai lomba atau latber. Pemberian multivitamin yang mampu merangsang pembentukan hormon testosteron, juga bisa membuat lovebird gacor, daya tahan prima, dan mental tidak mudah anjlok. Sedangkan untuk perawatan wajib seperti mandi, jemur, dan sebagainya.

Faktor Pembentuk Anakan Lovebird Berkualitas – Jika semua tips di atas bisa dilakukan pada anakan lovebird umur 2 minggu, niscaya lovebird sudah bisa diandalkan ketika mencapai usia dewasa nanti. Semoga tulisan kami kali ini bisa bermanfaat bagi pecinta burung lovebird di manapun berada.