Fakta Unik Burung Kolibri Ekor Panjang Sang Penerbang Cepat

Posted on

Fakta Unik Burung Kolibri Ekor Panjang Sang Penerbang Cepat
Fakta Unik Burung Kolibri Ekor Panjang Sang Penerbang Cepat

Fakta Unik Burung Kolibri Ekor Panjang Sang Penerbang Cepat – Burung Kolibri adalah burung penerbang cepat dan terkecil yang ada di dunia hanya memiliki panjang 6,4 cm dan beratnya sekitar kurang lebih 6 gram serta memiliki warna cerah gemerlap pada bulu bulunya, uniknya burung kolibri ekor panjang kalau bergerak akan kelihatan seperti berubah warna, hal ini terjadi karna burung kolibri memiliki seribu bulu pada tubuh mungilnya. Habitat asli burung kolibri di Amerika utara dan Amerika selatan. Sedangkan di hutan Amazon yaitu di Amerika selatan terdapat 300 spesies burung kolibri.Karena keunikannya burung kolibri menjadi burung primadona di dunia. Berikut ini fakta unik burung kolibri:

Fakta unik burung kolibri ekor panjang

1. Penerbang ulung dengan kepakan sayap 12 sampe 80 kepakan dalam satu detik

2. Karna kolibri adalah burung dengan kecepatan terbang cepat maka dia membutuhkan asupan energi yang cukup besar dalam makanannya yaitu nektar atau inti sari bunga alias madu yang dihisap menggunakan paruh panjangnya, tapi selain itu burung kolibri bisa dikasih makan ulat, keroto dan susu kental manis.

3. Dalam musim perkawinan biasanya burung kolibri jantan akan terbang mondar mandir di dekat betina dengan kicauan gembira. Beberapa dari jenis burung kolibri mempunyai kacauan kuat yang indah nan spektakuler.

4. Beda halnya dengan burung kolibri betina dalam menarik perhatian sang burung kolibri jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi seraya melakukan akrobat seperti pesawat jet. Setelah mereka burung kolibri tertarik satu sama lain maka burung kolibri melakukan perkawinan dan hanya bertelur 2 buah dengan corak putih tanpa ada bercak.

5. Burung kolibri terkecil dari spesiesnya adalah burung kolibri lebah dan burung kolibri lebah memiliki telur kecil tidak melebihi kacang polong.

6. Burung kolibri berleher rubi melakukan perjalanan 500 mil tanpa henti di teluk meksiko

7. Jantung mungil burung kolibri berdetak kencang dengan kecepatan 1260 ketukan per menit, 15 kali lebih sering daripada manusia.