Ciri Lovebird Jantan Over Birahi Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Ciri Lovebird Jantan Over Birahi Dan Cara MengatasinyaCiri Lovebird Jantan Over Birahi Dan Cara Mengatasinya – Bagi para pecinta burung terutama burung lovebird tentunya tak asing lagi dengan istilah burung lovebird over birahi.Untuk para pemula mungkin tidak paham dengan ciri-ciri lovebird jantan over birahi. Hal ini berkaitan erat dengan karakter burung lovebird sendiri yang di kenal si burung cinta. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ciri burung lovebird jantan over birahi dan cara mengatasinya.

Over birahi adalah kejadian dimana burung mengalami peningkatan libido untuk berkembang biak. Berikut ini ciri-ciri burung lovebird yang over birahi, yaitu :

1. Burung akan terlihat mencabuti bulunya sendiri.
2. Burung akan terlihat agresif dan galak.
3. Burung menjadi macet atau tidak mau bunyi.
4. Dan yang mengherankan tidak jarang burung terlihat mengawini tangkringan sangkar.

Jika hal tersebut kicau mania alami maka, jauhkanlah makanan yang biasanya bertujuan untuk mendongkrak birahi lovebird dalam masa perjodohan. Selain menghentikan makanan-makanan yang bisa menimbulkan over birahi lovebird, juga perlu menghentikan pemberian vitamin dan suplemen lain yang juga bertujuan sama.

Berikut Lovebird Jantan Over Birahi Dan Cara Mengatasinya yang meski kita lakukan ketika burung lovebird sudah terlanjur Over Birahi:

1. Hindari pakan yang memicu meningkatnya over birahi pada burung lovebird,diantaranya :

* Biji Kuaci
* Kaangkung
* Jagung muda

2. Kurangi penjemuran

Penjemuran juga bisa dilakukan untuk mengurangi over birahi burung lovebird karena panas yang berlebihan dipercaya dapat mengurangi birahi pada burung lovebird. Atau jika mungkin burung tidak perlu dijemur sama sekali selama lovebird dalam kondisi over birahi.

3. Pengumbaran dalam sangkar

Pengumbaran juga bisa dilakukan untuk mengurangi over birahi pada lovebird selain mengurangi penjemuran dan menambah durasi mandi. Dengan mengumbar burung dalam sangkar yang lebih besar menjadikan burung lebih bisa bergerak terbang bebas kesana-sini sehingga dapat membantu melancarkan metabolisme dan membakar karbohidrat dalam tubuh burung lovebird yang sang over birahi.

4. Memandikan burung menjadi salah satu cara untuk mengurangi over birahi

Ketika burung lovebird sedang over birahi maka proses mandi perlu ditambah jika biasanya hanya pagi dan sore maka karena sedang over birahi dan ingin menurunkan kondisi over birahi lovebird lebih baik frekuensi mandi ditambah pada siang hari. Kemudian durasi mandi jadi ditambah lebih lama dari biasanya.

Begitulah uraian tentang Ciri Lovebird Jantan Over Birahi Dan Cara Mengatasinya yang dapat saya sampaikan. Jika Anda sudah mencoba cara ini, namun kurang memberi hasil positif, tidak ada salahnya mencoba alternarif lain, karena tips yang sama terkadang memberi hasil berbeda-beda kepada masing-masing lovebird. Uraian diatasa adalah tips dari beberapa master lovebird yang sudah berpengalaman. Semoga bermanfaat, dan terimakasih.