Cara Ternak Sapi Potong Dengan Modal Minim Bagi Pemula

Posted on
Cara Ternak Sapi Potong Dengan Modal Minim

Cara Ternak Sapi Potong Dengan Modal Minim Bagi Pemula – Usaha ternak sapi potong memang sangat menjanjikan sehingga jangan heran kalau dari ternak sapi potong seseorang bisa jadi milyader.Dengan modal minim kita bisa memulai usaha ternak sapi dengan mengikuti panduan Cara Ternak Sapi Potong Dengan Modal Minim Bagi Pemula.Secara nyata di pasaran daging sapi tidak pernah sepi pembeli. Selain itu, harganya pun meningkat terus. Sedangkan bakalan dan cara penggemukannya selalu mengalami kemajuan sehingga waktu panen menjadi lebih cepat dengan hasil yang lebih baik. Bayangkan saja, dari bakalan sapi yang harga belinya antara 7 hingga 12 juta rupiah, dalam waktu 4 hingga 12 bulan bisa diperoleh sapi hasil penggemukan dengan harga jual hingga 30 juta rupiah.

Kisah sukses peternak sapi memang selalu membuat ngiler. Tapi, jangan dikira mereka selalu memulainya dengan modal besar. Banyak peternak yang memulai dari nol, dengan hanya memiliki satu atau dua ekor bakalan sapi saja. Tetapi, dengan usaha yang gigih, ternak sapi tersebut dapat terus berkembang. Ada satu lagi kunci sukses ternak sapi potong. Yaitu keinginan untuk belajar. Jika Anda hendak terjun ke usaha ternak sapi potong Anda harus siap untuk selalu belajar. Jenis pakan, vitamin serta konsentrat pun selalu mengalami perkembangan. Anda harus mengetahui semua itu agar penggemukan sapi dapat lebih cepat dan lebih baik hasilnya. Satu lagi, mengenai penanganan penyakit. Berbagai pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan penyakit harus dikuasai dengan baik. Ok sebelum uasaha ternak sapi dimulai kita harus memilih bakalan sapi potong yang baik.beikut ini cara memilih bakalan sapi dengan benar.

Cara Memilih Bakalan Sapi Poton

1.Bakalan sapi berkualitas

Jadi, pertumbuhannya akan sesuai dengan yang Anda harapkan. Tetapi, jika bakalan itu ternyata kurang bagus, maka hasil penggemukannya tentu akan berbeda juga dengan bakalan sapi potong yang kualitasnya bagus.

2. Umur Bakalan Sapi yang Tepat

Kalau tujuan ternak sapi adalah penggemukan, maka bakalan yang dipilih biasanya adalah sapi jantan. Bukannya tidak boleh memilih sapi betina, tetapi umumnya sapi betina digunakan untuk indukan ataupun sapi perah. Untuk umur sendiri, disarankan tidak memilih sapi yang terlalu muda, yaitu 1 tahunan.
Sapi muda biasanya makannya banyak sekali, kan masih dalam masa pertumbuhan. Sedangkan sapi yang terlalu tua yaitu diatas 3 tahun, pertumbuhan dagingnya sudah mulai melambat. Jadi, umur bakalan sapi yang paling pas adalah sekitar 2,5 tahun.

3. Berat badan bakalan sapi

Berikutnya, kita akan membahas ciri-ciri bakalan sapi yang baik untuk dijadikan sapi potong. Secara umum, bakalan sapi biasanya masih kurus tetapi sehat serta tidak cacat. Berat minimalnya adalah 200 kilogram. Kemudian yang harus diperhatikan lagi adalah bentuk badannya.

4. Bentuk badan bakalan sapi

Badan sapi harus silindris dengan rusuk yang cembung, punggung lurus serta rangkanya besar. Perhatikan juga bulunya, karena bulu sapi yang bagus itu pendek dan tidak berminyak. Ciri yang terakhir adalah bentuk muka sapi yang sebaiknya panjang dengan mata berbinar cerah.

Nah, jika Anda memilih bakalan sapi dengan umur dan ciri-ciri di atas, maka langkah awal yang baik untuk beternak sapi potong sudah Anda lakukan. Sapi yang memiliki ciri-ciri tersebut akan mudah untuk digemukkan walaupun ketika pertama kali membelinya kondisi sapi masih dalam keadaan kurus. Sekarang, anda tinggal merawatnya dengan baik, sehingga 6 bulan berikutnya Anda bisa mendapatkan sapi yang sudah gemuk dan siap untuk dijual. Untuk perawatan harian sapi baca pada postingan selanjutnya.