Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Bagi PemulaCara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Bagi Pemula – Burung Lovebird merupakan burung kicau yang di gemari banyak kalangan. Oleh karenanya permintaan akan Burung Lovebird di pasaran meningkat sehingga banyak orang tertarik untuk memulai usaha sampingan ternak burung lovebird di rumah. Dengan mengikuti panduan Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Bagi Pemula inshaallah usaha sampingan ternak burung lovebird yang mulai anda rintis akan sukses. Dan baca juga trik jitu cara ternak burung lovebird untuk pemula.Sebelumnya, kami telah menunjukkan informasi tentang usaha sampingan ternak Lovebird lengkap dengan analisa perhitungan biayanya. Dari situ, pastinya Anda sudah dapat gambaran tentang prospek beternak Lovebird untuk ke depannya. Modal yang dibutuhkan dalam beternak Lovebird tidak terlalu besar, tapi pendapatan cukup menjanjikan.

Usaha sampingan ternak burung lovebird di rumah bagi pemula seperti itu bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan dia mempunyai pengalaman beternak burung atau paling tidak mempunyai hobi memelihara burung. Kalau Anda tidak pernah memelihara burung, Anda masih bisa membuka bisnis ternak Lovebird.

Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi tentang cara beternak Burung Lovebird untuk pemula. Harapannya supaya calon penangkar Lovebird bisa beternak Lovebird sendiri tanpa harus membayar orang lain. Sebelum memulai, Anda harus mengetahui enam langkah dasar beternak Lovebird.

Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Bagi Pemula

1. Indukan Lovebird harus sehat dan berkualitas

Pilihlah indukan Lovebird dari keturunan yang berkualitas. Biasanya, kalau indukan berasal dari keturunan yang sehat dan berkualitas, maka anakannya nanti juga berkualitas. Setelah itu, Anda bisa memilih indukan Lovebird dari sisi suara ataupun warna bulu, tergantung Anda mau beternak Lovebird untuk kontes suara burung atau kontes kecantikan warna Lovebird.

2. Tunggu sampai usia Lovebird siap kawin

Lovebird yang siap dikawinkan biasanya berusia minimal 1 tahun. Jangan lupa, Anda juga harus memilih indukan Lovebird jantan yang lebih tua dari betina. Hal ini ditujukan agar indukan jantan bisa lebih mendominasi pada saat melakukan proses kawin.

3. Pembuatan kandang ternak Lovebird

Kandang atau sangkar untuk beternak Lovebird menyesuaikan jumlah Lovebird yang akan Anda silangkan. Jika jumlah Lovebird sedikit atau hanya sepasang indukan Lovebird saja, maka buatlah kandang Lovebird dengan ukuran 50 x 100 x 50 cm. Kalau jumlah indukan banyak, buatlah kandang Lovebird yang lebih besar dan bersekat-sekat.

4. Tempat bertelur Lovebird

Lovebird membutuhkan tempat bertelur atau tempat mengerami telur yang dinamakan glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu yang keras berukuran 20 x 20 x 25 cm dan biasanya berbentuk kotak persegi. Agar Lovebird nyaman, di sekitar glodok sediakan kayu yang sudah diserut, ranting kecil, atau dedaunan untuk tempat membuat sarang. Oh ya, biarkan mereka yang membuat sarang sendiri.

5. Mengetahui jenis kelamin Lovebird

Anda harus mengetahui jenis kelamin Lovebird dan memastikan Lovebird yang Anda kawinkan memiliki kelamin yang berbeda. Pasalnya, Lovebird yang terlihat berpasangan belum tentu mempunyai kelamin yang berbeda. Terkadang, Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Begitu juga sebaliknya.