Cara Ternak Burung Kenari Sekali Produksi Minimal 5 Telur

Posted on

Cara Ternak Burung Kenari Sekali Produksi Minimal 5 Telur

Cara Ternak Burung Kenari Sekali Produksi Minimal 5 TelurCara Ternak Burung Kenari Sekali Produksi Minimal 5 Telur. Asal usul burung kenari yang memiliki nama ilmiah Serinus Canaria pertama kali di temukan di pulau Canary yang merupakan habitat asli burung kenari pada abad ke 15 oleh seorang pelaut perancis.burung kenari masuk ke Indonesia diperkirakan pada masa penjajahan belanda. Meskipun burung kenari termasuk salah satu burung yang mudah untuk dikembangbiakan namun ternyata ada beberapa orang yang masih kesulitan dan belum mengetahui cara ternak burung kenari yang baik dan benar. Namun tidak sedikit yang gagal dalam beternak Burung Kenari, hal ini disebabkan minimnya pengalaman si pembudidaya. Bagi anda yang ingin belajar cara ternak burung kenari sekali produksi minimal 5 telur mungkin ulasan ini dapat memberi sedikit tips untuk anda.

Cara Ternak Burung Kenari Sekali Produksi Minimal 5 Telur

Sebelum memulai berternek burung kenari sebaikya anda harus memperhatikan faktor-faktor berkut diantaranya :
Ada beberapa factor yang harus anda perhatikan sebelum memulai berternak burung kenari berikut diantaranya :

1. Usia burung kenari

Usia dari burung kenari menjadi faktor penting untuk memulai ternak burung kenari.Pada umumnya usia untuk indukan kenari jantan yang sudah siap di kawinkan sekitar 8 bulan sedangkan untuk indukan kenari betina sekitar 6 bulan.Lain lagi untuk kenari jenis Yorkshire yang butuh waktu sekitar 1 tahun untuk siap dijodohkan karena jika usia burung kenari yang akan di jodohkan/dikawinkan terlalu muda aknan mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan.

2. Jenis kelamin burung kenari

Mengetahui jenis kelamin burung kenari juga merupakan faktor penting untuk berternak burung kenari . biasanya burung kenari jantan memiliki tonjolan di bagian duburnya sedangkan burung kenari betina tidak memiliki tonjolan di duburnya. Pada usia 5 bulan atau lebih warna bulu kenari jantan biasanya lebih terang. Bentuk kepala burung kenari jantan biasanya cenderung pipih, sedangkan burung kenari betina biasanya memiliki bentuk kepala yang bulat.

3. Sangkar untuk burung kenari

Selanjutnya adalah memperhatikan letak sangkar burung kenari,sebaiknya tempatkan sagkar burung kenari menempel di dinding dengan tujuan agar sangkar tidak goyang-goyang, tempatkan sangkar di tempat yang teduh dan sunyi agar saat burung kenari betina mengerami telurnya tidak merasa terganggu dan jaga supaya sangkar tidak terganggu serangga , semut maupun yang lainnya.

4. Proses pengembangbiakan/perjodohan kenari

Tahap selanjutnya merupakan hal yang terpenting untuk beternak kenari. Letakkan burung kenari jantan dan burung kenari betina dalam sangkar yang berbeda kemudian letakkan kedua sangkar tersebut saling berdekatan. Biarkan proses perjodohan berlangsung sampai beberapa hari. Apabila burung kenari betina mengelepar leparkan sayapnya dan berusaha terus untuk mendekati burung kenari jantan dan kenari jantan juga merespon kenari betina hal ini pertanda burung kenari telah siap untuk kawin. Kalau sudah begitu masukkan burung kenari jantan dan kenari betina dalam satu sangkar yang sudah di beri serabut. Tanda indukan akan bertelur adalah ketika kenari jantan mulai membuat sarang. Proses bertelur biasanya terjadi pada hari ke 6 sampai 9 setelah perjodohan. Bila Burung kenari betina mulai menyusun dan merapikan sarang berarti sang betina ini sudah siap untuk bertelur.Untuk menghindari anakan mati terinjak si jantan, maka pisahkan kenari jantan dari kenari betina setelah betina bertelur 2-5 butir. Telur akan menetas pada hari ke-14.Usahakan suhu dalam kandang pada saat pengeraman dalam keadaan hangat, hal ini membantu proses pengeraman berjalan maksimal. Setelah menetas anakan usia sekitar 20 hari sudah siap diletakkan dalam kandang yang berbeda. Selanjutnya indukan burung kenari dapat dikembangbiakkan/di ternak lagi.

Cara Ternak Burung Kenari Sekali Produksi Minimal 5 Telur

Cara Ternak Burung Kenari Sekali Produksi Minimal 5 Telur. Sebagai catatan untuk menghasilakan anakan yang berkualitas selama proses pengembangbiakan/perjodohan beri indukan kenari jantan dan betina makanan yang bernutrisi seperti kanari sed dan sayuran segar seperti sawi putih ,kroto serta vitamin. Dan usahakan dalam harus selalu dalam keadaan seteril dari kuman. Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi para peternak burung kenari pemula.